MPS DIY FASILITASI MAHASISWA UMJ PRAKTIKUM DI LKSA MUHAMMADIYAH DIY

0
17

YOGYAKARTA – Dalam rangka meningkatkan ketrampilan dalam pengelolaan Lembaga Pelayanan Kemanusiaan, sekitar 15 mahasiswa dari Program Studi Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Jakarta ditugaskan ke Yogyakarta untuk melakukan kegiatan Praktikum di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) milik Muhammadiyah yang ada di DI.Yogyakarta.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua pekan dari tanggal 22 Januari – 31 Januari 2018. Kedatangan mereka diterima langsung oleh Bapak Ridwan Furqoni selaku Ketua Majelis Pelayanan Sosial PWM DIY di Ruang Sidang Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Senin (22/1/2018).

Dalam sambutannya, Ridwan Furqoni mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang terjalin antara UMJ dengan MPS PWM DIY. “Kami berterima kasih Panti Asuhan Muhammadiyah DIY dipercaya oleh UMJ utk menjadi tempat praktikum. Sudah seharusnya antar amal usaha Muhammadiyah bekerja sama, saling membantu dan menguatkan. Harapannya, kerjasama ini bisa memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Mahasiswa dapat belajar dari praktek Pengasuhan sementara panti mendapat energi baru dan mungkin ide-ide baru tentang pengasuhan,” ungkap Ridwan.

Dalam prakteknya ke 15 mahasiswa tersebut didampingi Ibu Sokhivah,M.Si. selaku dosen pembimbing. Mereka dibagi menjadi 4 kelompok dan ditempatkan di 4 Panti Asuhan Muhammadiyah (PAM) yang ada di Kabupaten Kulonprogo, yakni PAM Nanggulan, PAM Tuksono, PAM Wates Kriyanan dan PAM Daarusubusi.

Ibu Sokhivah menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan praktikum untuk memperoleh pengetahuan dan ketrampilan sosial. “Tujuan dari kegiatan praktikum ini adalah agar mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola dan mengimplementasikan pengasuhan berbasis Standar Nasional pengasuhan Anak (SNPA). Selain itu juga agar mereka mengerti bagaimana menjalin kerjasama antar stakeholder terkait pengasuhan berbasis SNPA serta membangun relasi antar lembaga rujukan,” jelas Ibu Sokhivah. (ridwan)