SETIAP AKTIVIS MUHAMMADIYAH SIAP JADI JURNALIS

0
258

Pada pemaparan Laporan Kegiatan dan Rencana Program Kerja Rakorwil (Rapat Koordinasi Majelis/Lembaga di Lingkungan PWM DIY) pada Ahad 28 Januari 2018 di Aula PWM DIY lantai 2, Dr H Robby Abror MHum, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (MPI PWM DIY) menegaskan bahwa Muhammadiyah DIY telah melakukan banyak peningkatan dalam pencapaian kinerja organisasi. Oleh karena itu, ia mengajak majelis dan lembaga dapat bersinergi agar lebih progresif dan dinamis berkemajuan. Salah satunya dengan spirit peliputan berita aktual di lingkungan majelis dan lembaga masing-masing serta seputar Muhammadiyah DIY.

Ia menambahkan bahwa saat ini hampir setiap orang sudah terhubung dengan internet dan peliputan berita online diyakini paling pas untuk jaman now.

Robby menyampaikan bahwa setidaknya ada tiga tujuan penting dari peliputan berita online. Pertama, setiap orang haus akan berita sehingga ia ingin mendapatkan berita cepat dan teraktual. Kedua, mendapatkan berita baru yang bersumber dari organisasinya sendiri akan terasa mendapat sentuhan dan kedekatan emosional karena otentisitasnya. Ketiga, ketika bacaan yang dibutuhkan dapat segera dibaca, ia dapat berbagi dengan orang lain dan mereka mendapat manfaatnya langsung.

Sebab itu, Robby mengingatkan agar setiap aktivis Muhammadiyah sudah mulai bisa meliput. Setiap aktivis adalah jurnalis Islami. Setiap jurnalis Islami pasti punya daya tarik tersendiri dalam mengkonstruk berita yang baik, positif dan bernilai sehingga jauh dari kesan adu domba, provokatif dan memecah belah umat.

Di samping itu, Robby menilai bahwa setiap berita hoax yang kerap menerjang Muhammadiyah dengan sendirinya akan tereliminir, karena kesadaran warga persyarikatan untuk terus mengakses berita-berita yang diproduksi oleh mediamu.id yang telah dibuat oleh MPI PWM DIY medio Januari 2018 ini dan dipersembahkan menjadi web resmi PWM DIY. (erha/farid)