GELAR WORKSHOP ROBOTIKA SMP MUH PAKEM BEKERJASAMA DENGAN TAMAN PINTAR DAN MACQUARIE UNIVERSITY AUSTRALIA

0
61

SLEMAN,- dalam rangka menunjang pengetahuan dan kreatifitas siswa, SMP MUHAMMADIYAH PAKEM menyelenggarakan workshop robotika. Kegiatan ini berlangsung berkat kerjasama SMP Muhammadiyah Pakem dengan Taman pintar Yogyakarta dan Macquarie Univrsity Australia. Kegiatan ini berlangsung pada hari senin 29 Januari 2018 bertempat di Aula utama SMP Muhammadiyah Pakem. Dalam kegiatan ini, para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing kelompok dipandu langsung oleh satu mahasiswa dari Macquarie University. Dengan begitu para siswa mendapat bimbingan secara intensif dan dapat mempraktikan mengenai robotika.

Faradlina Mufti, S.Si selaku waka kesiswaan SMP Muhammadiyah Pakem menyampaikan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memancing pengatahuan siswa mengenai robotika. Diharapkan para siswa dapat mengembangkanya melalui kegiatan ekstrakurikuler elektronik yang sudah berjalan. “Dahulu kita punya robotik yang pernah juara di Taman Pintar Yogyakarta, sekarang kita juga harus bisa meraih prestasi yang lebih baik di bidang robotika” tandasnya ketika memberi motivasi kepada para siswa.

Kegiatan yang dikemas secara sederhana ini dapat berlangsung dengan meriah dan mendapat antusias dari para peserta. Terlihat para peserta melaksanakan perintah-perintah dari pembimbing yang memakai bahasa inggris. Dalam kesempatan yang sebentar itu, mereka berhasil membuat robot sederhana yang kemudian dipertandingkan antar kelompok. “acara ini menyenangkan, bisa membuat robot. Semoga besok ada lagi acara seperti ini” ujar Muhammad Hanif, Siswa kelas VII A yang berkesempatan mengikuti workshop.

Dalam kesempatan ini, salah satu pembimbing Workshop menyampaikan kesan pesanya bahwa dia sangat senang bisa belajar bersama anak-anak SMP Muhammadiyah Pakem. Menurutnya, meskipun disampaikan dengan bahasa inggris, anak-anak bisa mencerna maksud sehingga pembuatan robot hampir sempurna. Oleh karena itu dia berharap ilmu yang disampaikan secara terbatas tersebut bisa menjadi pemacu anak-anak dalam mengembangkan robotika. “Muhipa Jaya”, Ujarnya sambil mengepalkan tangan ke atas. (Imron)