PR IPM SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA GELAR TARUNA MELATI I

0
109

SALAM PELAJAR. Pimpinan Ranting IPM SMP Muhammadiyah 2 YK megggelar taruna melati I. Taruna melati I diadakan di masjid Al Ikhlas SMP Muhammadiyah YK. Sebelum taruna melati I digelar ada pelantikan pimpinan ranting IPM SMP Muh 2 YK. Pimpinan yang dilantik ada 110 kader. Alhamdulillah setelah pelantikan langsung pelatihan kader Taruna Melati I dengan tempat yang sama. Taruna Melati I diselenggarkan Sabtu-Ahad, 20-21 Januari 2018. Tema taruna melati I kali ini “Membentuk Karakter Kader IPM Menuju Pelajar Berkemajuan’’.

Menurut ketua PR Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Ahmad Fauzan, salah satu Ortom Muhammadiyah harus mampu memback-up perkaderan utama di Muhammadiyah, sehingga generasi  penerus Muhammadiyah banyak pengikutnya.  Pelatihan Kader Taruna Melati I (PK-TM I) sebagai sebuah pelatihan di IPM. Pelatihan ini diharapkan mampu menjadi sebuah wadah dalam menghasilkan kader-kader yang militan, progresif, menginternalisasikan gerakan pelajar kreatif kolaboratif dalam setiap gerak perjuangannya, serta memiliki jam terbang tinggi. Sehingga pada proses demi proses yang dilalui ini, kader persyarikatan mampu menjadikan Muhammadiyah sebagai State of Mind, ujar Ellen Sekretaris PR IPM SMP Muhammadiyah 2 YK.

Jujuk Pembina PR IPM SMP Muhammadiyah 2 YK menyampaikan, bahwa target kegiatan TM I  yaitu terbentuknya kader yang mempunyai ghirah (kesadaran berjuang) ber IPM, mempunyai loyalitas tinggi terhadap Ikatan dan Persyarikatan, serta terbentuknya kader yang mampu mewujudkan tujuan Organisasi. Bentuk kegiatan TM I dibuat kreatif supaya kader IPM yang baru dilantik lebih tertarik dan mantap berIPM. Materi dalam TM I yaitu Kepemimpian yang disampaikan langsung oleh Supriyadi, S.Pd, M.Si selaku Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 YK, Motivasi BerIPM dari PDIPM Kota YK, Keteladanan BerIPM dalam Shalat oleh ustadz Budi Jaya Putra S.Th.I,M.H, Manajemen Qolbu oleh Pembina IPM SMP Muh 2 YK. Selain materi TM I, kegiatan lain seperti  tadarus, kultum, dan shalat lail wajib ada di setiap kegiatan TM I SMP Muh 2 YK.

Kegiatan TM I diakhiri dengan out bond di Cengkehan RT 02, Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Outbond dengan berbagai  macam game dan adventure seperti game fun, ice breaking, game zone, adrenalin , dan tracking sungai. Kegiatan outbond selalu ada dengan tujuan IPM dapat  berpikir kritis dan terobosan-terobosan baru untuk pengembangan tim, jiwa kepemimpinan, budaya organisasi, pengembangan diri serta perencanaan. Manfaat Outbond menurut salah satu peserta TM I nadia hamzah yaitu mempertambah percaya diri, mucul rasa berani mengambil resiko, mampu beradaptasi, membangkitkan kepekaan antar anggota IPM, menumbuhkan motivasi dan peran aktif dalam kerjasama, melahirkan semangat baru dan keyakinan yang mantap.

Seragkaian kegiatan TM I PR IPM SMP Muhammadiyah 2 YK yang sukses didampigi oleh PD IPM Kota YK, ketua IPM periode lalu Sultan Muhammad Hakim A, guru, dan kesiswaan SMP Muhammadiyah 2 YK. TM I yang ditutup dengan out bond harapan kedepan sebagai wahana pengalaman kerjasama tim yang menyenangkan bagi kader IPM, kader IPM berani mengaktualisasikan potensi-potensi dalam dirinya, dan kader IPM harus lebih optimis dalam menghadapi kegiatan atau menjalankan program kerja IPM ke depan. (Juwanti)