PERPUSTAKAAN SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SIAP AKREDITASI NASIONAL

0
113

SLEMAN — Sulasmi SPd, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Condong Catur, Sleman, memberikan komentar terkait persiapan perpustaan SD Muh CC yang bersiap menyambut akreditasi tingkat nasional tahun ini. Lasmi mengatakan, kami memasukkan perpustakaan menjadi salah satu program kerja besar sekolah, yakni menjadikan perpustakaan SD Muhammadiyah Condongcatur sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan, baik fasilitas, koleksi serta pelayanannya.

Untuk menuju kesana, menurut Lasmi, pihaknya memberikan kesempatan kepada perpustakaan untuk terus berbenah dengan mendukung dan mengawal sepenuhnya, mulai dari pembenahan ruangan, melengkapi fasilitas hingga pengembangan SDM melalui seminar dan Workshop.

Perpustakaan SD Muhammadiyah Condongcatur pernah berhasil meraih juara 1 dalam ajang lomba Perpustakaan Sekolah Dasar se-Kabupaten Sleman pada 2017 lalu.

Untuk mewujudkan tekad tersebut, Lasmi membentuk tim, selain Pustakawan, juga melibatkan beberapa guru mata pelajaran, terkait dengan pembelajaran berbasis perpustakaan. Guru seni lukis, terkait dengan desain ruang perpustakaan serta tim sarana prasarana sebagai pendukung kegiatan pembelajaran di perpustakaan.

Selain guru, para siswa juga terlibat aktif dalam perpustakaan dalam komunitas yang bernama Pustakawan Kecil. Pustakawan kecil ini berjumlah 16 orang, terdiri dari siswa dan siswi kelas 4 dan 5, tugasnya adalah untuk menjadi pelopor gerakan literasi di sekolah serta promosi minat baca pada siswa.

“Persiapan kami bagi menjadi beberapa hal, yakni persiapan administrasi, sarana dan prasarana serta tim kreatif yang masing-masing fokus pada pembagian tugasnya. Seperti contohnya tim kreatif, melakukan hal2 seperti pembuatan profil perpustakaan, brosur, persiapan tampilan presentasi power point yang diserahkan oleh bagian administrasi,” papar Sulasmi.

Peserta lomba berasal dari seluruh sekolah di Kabupaten Sleman, mulai dari perpustakaan sekolah dasar, menengah, atas. Bahkan tidak hanya perpustakaan sekolah, namun ada juga taman bacaan masyarakat dan perpustakaan desa. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman.

Bu Sulasmi berharap Perpustakaan Hamka SD Muhammadiyah Condongcatur terakreditasi A. Akreditasi perpustakaan tingkat nasional akan dilaksanakan pada 13-15 maret 2018. Selain itu,  menurutnya, perpustakaan SD Muh CC bisa menjadi wahana literasi, rekreasi dan budaya untuk anak-anak kita. (erha)