Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

UNISA GELAR PELATIHAN MANAJEMEN KEBENCANAAN

BANTUL – Gempa Bumi pada 27 Mei 2006 yang menyasar Daerah Istimewa Yogyakarta masih segar dalam ingatan kita. Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul adalah salah satu daerah yang terdampak parah akibat Gempa Bumi. Mewaspadai Gempa Bumi di daerah rawan Gempa Bumi perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan Pelatihan Tanggap Bencana Untuk Anak Muda. Pelatihan Tanggap Bencana yang dilakukan di daerah rawan bencana akan menjadikan masyarakat menjadi siap untuk menghadapi bencana.

Untuk itu Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) dalam program pengabdian masyarakat bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Piyungan mengadakan “Pelatihan Tanggap Bencana Untuk Anak Muda,” yang dilaksanakan di SMP Muhamamadiyah Piyungan pada Ahad 25 Februari 2018. Iwan Setiawan dari UNISA menjelaskan bahwa pelatihan ini penting dilaksanakan bagi anak-anak muda di Piyungan, sehingga mereka memiliki kemampuan manajemen kebencanaan. Selain dengan menghimpun anak muda anak akan menularkan pengetahuannya kepada orang tuanya.

Andy Putra Wijaya selaku Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Piyungan menjelaskan pelatihan ini diikuti oleh 40 anggota Kokam Pemuda Muhammadiyah Piyungan memiliki pengalaman penanganan bencana di piyungan, seperti banjir yang baru-baru ini melanda Piyungan. Pelatihan ini diisi oleh Rizal Ismail dari Lembaga Penanggulangan Bencana PWM DIY yang menyampaikan materi Manajemen Kebencanaan dan Sugiyanto dari UNISA yang berbicara tentang Kesehatan Integratif pasca Bencana. Pelatihan ini akan ditindaklanjuti dengan pelatihan lapangan berkaitan dengan tanggap darurat dengan praktitik langsung di lapangan. (Iwan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here