News

News

MediaMU.COM

Apr 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan'

DPD IMM DIY ADAKAN TALKSHOW GENDER

YOGYAKARTA — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) DIY mengadakan talkshow gender di Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Kampus 4 Jl Ringroad Selatan, Bantul.

Kegiatan yang dihadiri ratusan orang dari berbagai kalangan, yang mayoritas generasi muda, mengkaji gender. “Ini menunjukkan bahwa persoalan gender memang menjadi perhatian generasi muda,” kata Yunahar Ilyas.

Di sisi lain, talkshow ini tidak hanya dihadiri oleh perempuan saja, namun laki-laki juga. Dan serangkaian Milad ke-54 IMM oleh DPD IMM DIY dibuka pada tanggal 1 Maret 2018.

Dalam menyambut milad, yang bertepatan pada tanggal 14 Maret 2018, DPD IMM DIY mengawali dengan talkshow gender, yang merupakan salah satu konsentrasi isu gerakan DPD IMM DIY. Agenda ini diinisiasi oleh Bidang IMMawati DPD IMM DIY sebagai upaya syiar pemahaman gender pada generasi muda.

Selain itu, DPD IMM DIY akan segera melaksanakan beberapa agenda lainnya yang juga dihadiri oleh ortom-ortom se-DIY yang mengangkat tema “Aktualisasi Pemahaman Gender dalam Mewujudkan Keseimbanga Peran”.

Bidang IMMawati ingin mengajak ortom-ortom dan generasi muda untuk memahami gender sesuai dengan tempatnya.

Pada kesempatan itu, Prof. Dr. Yunahar lyas, Lc, M.Ag, memberikan pandangan gender sesuai dengan tafsir al-Qur’an. Kemudian, Alimatul Qibtiyah, Ph.D mengupas tuntas mengenai konsep gender progresif. Selanjutnya, Diyah Puspitarini, M.Pd sebagai praktisi gender yang dalam prakteknya memimpin organisasi wanita muda, yang jelas sudah sangat terlihat kemerdekaan gendernya.

Talkshow ini menjadi pijakan awal bidang IMMawati untuk menerbitkan buku bertemakan gender. Dinamika forumlah yang coba dihimpun untuk dapat dituliskan menjadi sebuah pemikiran dan akan diwariskan kepada generasi selanjutnya. Tak jarang generasi muda masih bias memahami gender sebagai bentuk kesetaraan bukan kesamaan.

Mereka harus memahami konsep tugas yang dapat ditukarkan dan tidak dapat ditukarkan antara laki-laki dan perempuan, dan haruslah selesai bagi generasi muda. Realitasnya, jika hal itu belum selesai, generasi muda akan mandek mengupayakan perubahan dan gerakan nyata. Maka, hal ini dianggap menjadi salah satu isu sentral yang harus terus disosialisasikan. (Ella Yussy/ASA)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here