MENJADI MUKMIN YANG KUAT

0
34

SLEMAN — Umat Islam dan warga Muhammadiyah harus menjadi orang-orang dan umat yang kuat dalam hal iman, ekonomi, politik, sosial dan budaya. Ini perintah agama Islam, tandas Drs. H. Muhammad Jamaludin Ahmad, yang menjadi penceramah dalam acara Pengajian Ahad Pagi gabungan antara Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Purwomartani Selatan, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Purwomartani Tengah, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Purwomartani Utara, Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) Purwomartani, dan Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari Ahad, 23 Jumadil Akhir 1439/11 Maret 2018 di Masjid Baiturrahman Bayen, Purwomartani.

Salah satu cara yang paling mudah untuk membangun umat Islam yang kuat dalam semua bidang adalah menyelenggarakan pengajian rutin setiap hari Ahad pagi. Jamaludin, yang merupakan Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini, mencontohan PRM-PRM di Gunung Kidul, Banjarmasin, Banjarnegara dan Magelang yang telah berhasil membangun kekuatan umat Islam dengan pengajian Ahad pagi. Jumlah jamaah pengajian mereka telah mencapai angka di atas 1.000 orang.

Dengan kegiatan pengajian Ahad pagi, PRM-PRM tersebut mengukuhkan kekuatan jiwa dan raga umat Islam. Pemahaman dan perilaku agamis umat kian kuat. Infak yang terkumpul selama pengajian makin banyak dan digunakan untuk membangun kekuatan ekonomi umat. Sehingga, sekarang umat Islam di tempat-tempat tersebut telah memiliki usaha-usaha ekonomi yang berupa sekolah, toko, dan seterusnya.

Karenanya, Jamaludin yang juga Direktur PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta menantang tiga PRM di Kelurahan Purwomartani untuk menyelenggarakan pengajian rutin setiap hari Ahad. Pengajian tak cukup diselenggarakan hanya dalam waktu sebulan sekali atau bahkan setahun sekali. Dengan pengajian setiap pekan, akan muncul banyak ide dan gerakan bersama yang kompak, tegas Jamaludin.

Sementara itu, Drs. Sunandar selaku Ketua PRM Purwomartani Selatan mengatakan dalam sambutannya, pengajian Ahad pagi ini akan diselenggarakan secara bergilir di antara tiga PRM se-Purwomartani. Kali ini, penyelenggaranya adalah PRM Purwomartani Selatan.

Dalam acara ini, imbuh Sunandar yang juga pengusaha alat-alat kesehatan, juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian bingkisan kepada masyarakat. Pemeriksaan kesehatan meliputi cek tensi, cek gula darah dan cek asam urat. (Agung Prihantoro)