Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

GLADI LAPANG SEKOLAH SIAGA BENCANA

SLEMAN — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman kembali menggelar gladi lapang Sekolah Siaga Bencana (SSB) di SMK Muhammadiyah Prambanan. Sebanyak 30 orang terdiri dari guru, siswa dan karyawan dikukuhkan menjadi tim siaga bencana di sekolah tersebut.

Bupati Sleman, Sri Purnomo, dalam sambutannya yang dibacakan Plt Kepala BPBD Sleman, Joko Supriyanto, mengucapkan selamat kepada SMK Muhammadiyah Prambanan atas terbentuknya tim siaga bencana di lingkungan sekolahnya.

Sri Purnomo berharap tim tersebut terus meningkatkan wawasan kebencanaan dan menjadi agen penanggulangan bencana. “Tidak hanya di lingkungan sekolah, tapi juga di lingkungan masyarakat,” kata Sri Purnomo.

Menurut Joko Supriyanto, paradigma penanggulangan bencana tidak lagi dititik-beratkan pada penanganan kedaruratan. ” Penanggulangan bencana juga merupakan upaya pengurangan risiko bencana,” kata Joko yang berharap mitigasi bencana harus menjadi bagian dari budaya dan local wisdom masyarakat Sleman.

Dikatakan Joko, mitigasi bencana harus diperkenalkan dan diajarkan di bangku sekolah, bahkan sejak jenjang paling bawah.

Sementara itu, Iskak Riyanto, Kepala SMK Muhammadiyah Prambanan, berharap kepada siswa untuk mampu memahami upaya yang harus dilakukan ketika terjadi bencana. “Sehingga ketika benar-benar terjadi bencana dapat diminimalisir jatuhnya korban,” kata Iskak Riyanto.

Seperti di negara maju Eropa dan Amerika, ketika ada bencana besar seperti itu korbannya cuma sedikit. “Harapan kami anak-anak yang telah mengikuti simulasi penanggulangan bencana ini tidak menjadi korban ketika bencana terjadi,” jelas Iskak.

Dengan dikukuhkannya SMK Muhammadiyah Prambanan ini, Kabupaten Sleman telah memiliki 51 sekolah siaga bencana. Pada tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten Sleman menargetkan untuk membentuk 8 SSB. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Sleman juga telah membentuk 36 Desa Tangguh Bencana (Destana). Seperti halnya SSB, Pemerintah Kabupaten Sleman juga menargetkan untuk membentuk 8 Destana pada tahun 2018 ini. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here