Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Apr 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari: Sekolah Unggul dan Berkemajuan Belum Lama Dilantik, Kepala Sekolah Muda ini Sabet Medali Emas di Olympicad VII Nasional Raih Enam Medali di Olympicad, SMA Mujahidin Wonosari Lampaui Prestasi Sebelumnya Jalin Kerja Sama dengan Daihatsu, SMK Musaba Resmikan Dojo Center Berkat Program SMART, Kepala SMP Muhammadiyah 2 Depok Raih Medali Emas OlympicAD 7 Ikut OlympicAD 7, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Sajikan Film Perjuangan Jurnalis Amankan Perunggu di OlympicAD 7, SMP Muhammadiyah 3 Depok Tetap Incar Emas

LOUNCHING GROBAG LAYANAN LAZISMU SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA

YOGYAKARTA — Jum’at, 23 Maret 2018 Pukul 07.00 – 08.00 di halaman sekolah dilaksanakan kegiatan Lounching Grobag Layanan Lazismu SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 (Muh. Wibraga) dengan rangkaian kegiatan Tilawah Al-Qur’an, Sholat Dhuha dan Motivasi Karakter oleh Kepala Sekolah.

Pengadaan Grobag Layanan ini menjadi upaya untuk menciptakan media pembinaan karakter anak peduli sesama dengan latihan zakat, infaq dan shodaqoh yang akan dilayani setiap hari oleh petugas yang juga dari siswa secara terjadwal.

Menurut Cahyono, S.Ag selaku kepala sekolah SD Muh Wibraga mengapa memilih grobag, karena mencari hal yang unik, kreatif, praktis dan menarik siswa. “Sebenarnya juga sekaligus sebagai solusi atas keterbatasan ruang yg ada di sekolah kami.” Tutur Cahyono.

Menurut Irfan, Manajer Kantor Layanan Lazismu SD Muh Wibraga, Lounching ini juga ditandai dengan simulasi Layanan Zakat Profesi, dimulai dari Kepala Sekolah dan Guru-guru yang menyalurkan 2,5% dari gajinya untuk dizakati, dengan cekatan Petugas Amil dari siswa melayani dengan menghitung 2,5 % dari gajinya Kepala Sekolah kemudian mencatatnya dalam kuitansi penerimaan Zakat Profesi.

Selain Zakat Profesi juga disimulasikan Layanan Zakat Karakter, yaitu Zakat dari uang saku siswa pada hari itu dihitung 2,5% nya untuk zakat.

Ketika ditanya kalau dari uang saku kan terlalu kecil? Dijawab oleh Septa Riasmanto, dari Divisi Program, memang kalau dari zakatnya saja kecil misalkan uang sakunya Rp 5.000 maka zakatnya hanya 125 rupiah, namun dalam lembar layanan disitu ditulis kolom infaq shodaqohnya juga sehingga siswa diharapkan akan menggenapkan ke angka 500 atau 1000 atau lebih dengan infaq dan shodaqohnya, hal ini juga untuk memudahkan petugas Amil Layanan dalam mencarikan kembaliannya.

Penuturan Muhammad Razes, dari Kabid Ismuba & Budaya Hidup Islami bahwa Program Zakat Karakter ini sarat makna untuk pendidikan karakter bagi siswa, yang pertama penanaman nilai kepedulian siswa dengan dilatih gemar berbagi sejak dini. Kedua, pengalaman bagi siswa dalam menghitung kewajiban zakatnya, diharapkan kelak ketika dewasa dan sudah punya penghasilan sendiri akan ingat 2,5% kewajiban zakatnya. Ketiga, ada unsur praktik pelajaran matematik bagi siswa baik amil maupun siswa muzakkinya.

Dari seremonial agenda lounching grobag Layanan Laziamu ini, terhimpun Rp 2.119.000,00 dari Latihan Zakat Karakter Siswa, infaq, Shodaqoh dan Zakat Profesi.

Grobag Layanan Lazismu ini akan buka setiap hari khususnya pada saat jam istirahat untuk melayani pembayaran zakat, infaq, shodaqoh dari siswa maupun guru dan karyawan, juga orang tua yang mau menyalurkan ZIS nya melalui Grobag Layanan Laziamu Wibraga.

Dana yang terhimpun akan ditasharufkan kepada asnaf yang berhak, melalui Program-program yang telah dicanangkan sebelumnya, yaitu:

  1. Program Santunan Sembako Fakir Miskin
  2. Program Santunan Beasiswa Pendidikan Siswa tidak mampu
  3. Program Pembangunan dan Kemakmuran Masjid
  4. Program Wibraga Peduli Bencana
  5. Program Wibraga Peduli Bencana Kemanusiaan Internasional seperti di Palestina, Syuriah, Rohingnya, dll.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here