360 PRAMUKA PENEGAK IKUTI UAD ROVER SCOUT COMPETITION 2018

0
202

YOGYAKARTA — Untuk pertama kalinya Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan perlombaan Tingkat Kwartir Daerah Istimewa Yogyakarta bertajuk “Universitas Ahmad Dahlan Rover Scout Competition” atau disingkat UAD RSC 2018.

Kegiatan yang melibatkan 360 peserta yang merupakan Anggota Pramuka Golongan Penegak di bawah naungan Kwartir Daerah Istimewa Yogyakarta ini diselenggarakan selama dua hari satu malam (24-25 Maret 2018) di Komplek Bumi Perkemahan Rama Shinta Candi Prambanan Km. 16,5 Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

UAD RSC 2018 Tingkat DIY secara resmi dibuka dengan 3 dentuman gong oleh Kak Dra. Meiyun Wihadiyanti M. Pd. selaku andalan daerah urusan Saka Kwartir Daerah Kota Yogyakarta dan dihadiri oleh perwakilan dari Walikota, perwakilan Bupati Bantul, perwakilan Bupati Sleman, perwakilan Bupati Gunung Kidul, dan tamu undangan lainnya. Kegiatan bertema “Bersama Pramuka, Lestarikan Budaya, Wujudkan Generasi Kreatif dan Inovatif” mengemas 8 jenis perlombaan memuat bidang kepramukaan, kependidikan, dan kebudayaan disemarakkan oleh 36 tim dari 20 gugusdepan yang berpangkalan di sekolah menengah atas sederajat se-DIY.

Antusiasme peserta mengikuti rangkaian kegiatan perlombaan maupun kegiatan-kegiatan yang digelar oleh reka kerja membakar semangat di Bumi Perkemahan Rama Shinta yang beberapa kali diguyur derasnya hujan. Kobaran semangat memuncak pada pelaksanaan Lomba Baris-berbaris di hari terakhir pelaksanaan UAD RSC 2018. Derasnya hujan tidak lantas melunturkan semangat peserta dan juri lapangan yang kala itu masih memberikan performa terbaik selama berlangsungnya perlombaan.

Piala Gubernur dan Uang Tunai sejumlah Rp. 1000.000 dari Universitas Ahmad Dahlan direbut oleh SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul sebagai Juara Umum UAD RSC 2018 Tingkat DIY. Dan tiga dentuman gong oleh Kak Yamin (alumnus UKM Pramuka UAD) resmi menutup UAD RSC 2018 Tingkat DIY. (Kruik)