Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

KURIKULUM BIKIN GURU BINGUNG

YOGYAKARTA — Pemerintah sudah mengeluarkan ketentuan baru RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) Kurikulum 2013 (K-13) yang direvisi tahun 2017. Dan, ketentuan itu makin membingungkan guru.

Sebenarnya, seperti disampaikan Ketua Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Dra Sumaryati, M.Hum, hasil revisi terakhir K-13 tidak ada hal yang baru sama sekali. “Karena kebijakan itu membingungkan maka kami adakan bimbingan teknis implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 sekaligus traver study bagi alumni PPKn UAD,” kata Sumaryati, Sabtu (31/3/2018), di meeting room Sargede Kampus 2 Unit B Jl Pramuka Yogyakarta.

Menurut Sumaryati, acara ini merupakan kolaborasi antara Prodi PPKn UAD dengan alumni yang sudah mengabdikan diri di dunia pendidikan. “Kurikulum salah satu hal penting dalam pendidikan dan bisa menambah kualitas pendidikan di Indonesia,” tandas Sumaryati.

Kaprodi PPKn UAD berharap, ilmu yang didapat bisa dishare dan dialirkan agar bisa membantu peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Bagi Sumaryati, kegiatan yang diikuti 35 orang alumni dan mahasiswa semester 6 yang kuliah ketrampilan mengajar, untuk menguasai kurikulum dan pedagogik. “Ini merupakan jalinan kemitraan antara UNY dan UAD,” tandas Sumaryati yang terus memotivasi alumni dan calon guru ke depan.

Sementara itu, Wakil Dekan FKIP UAD, Dr Suparman, MSi, DEA, yang mengapresiasi upaya Prodi PPKn UAD bagi alumninya, mengatakan, Prodi PPKn ini nantinya akan menyediakan mahasiswa yang menjaga NKRI.

“Prodi PPKn UAD tidak sekadar meluluskan, tapi bertanggungjawab kepada alumninya,” kata Suparman, yang berharap bisa mengimplementasikan kurikulum dalam pembelajaran dan mengintegrasikan skill abad ke-21.

Pada kesempatan itu, Suparman juga menyinggung implementasi kurikulum berbasis education for sustainable development (ESD) dari Unesco. “Konsep ini dapat diinternalisasikan dalam bentuk silabus kegiatan belajar dan mengajar,” kata Suparman yang gembira kegiatan ini sangat luar biasa karena dilanjutkan dengan bimtek mengimplementasikan kurikulum dalam proses belajar mengajar.

Prof Dr Anik Ghufron, MPd, Guru Besar UNY dan dosen FIP UNY, mengatakan, UAD selama ini bagian dari kehidupannya.

Berkaitan kurikulum, Anik Ghufron bahas fokus kajian rasional dan dinamika perkembangan kurikulum, aspek-aspek kurikulum 2013 yang direvisi tahun 2017, implementasi dan kesimpulan.

Ghufron sampaikan pula struktur revolusi sains Thomas Khun dan struktur perubahan kurikulum secara evolusioner. “Idealnya, setelah dilakukan ujicoba kurikulum 2013 dapat dilaksanakan secara efektif,” tandas Ghufron.

Namun realitanya, pada awal-awal masa implementasi Kurikulum 2013 banyak menuai permasalahan. “Dan ini sesuai pandangan Thomad Khun dalam konteks revolusi sains,” tandas Ghufron lagi.

Pada kesempatan itu, Anik Ghufron paparkan revisi pada aspek-aspek Kurikulum 2013, apa saja yang telah dilakukan di tahun 2017 agar Kurikulum 2013 efektif, efisien dan produktif.

Sampaikan pula visi Kemendikbud, yaitu insan Indonesia yang cerdas komprehensif, kompetitif dan bermartabat (insan kamil dan insan paripurna). Selain itu cerdas spiritual, emosional sosial, intelektual dan kinestetik, kompetitif bermartabat kepribadian unggul dan gandrung keunggulan, dan bersemangat juang tinggi.

Ghufron sampaikan pula arah kebijakan pendidikan dan kebudayaan serta pengembangan pendidikan mengacu pada 8 standar (PP 19/2005). “Setiap standar memiliki tantangan, persoalan dan solusi masing-masing,” kata Anik Ghufron.

Bagi Anik Ghufron, embrio Kurikulum 2013 adalah KBK 2004 dan KTSP 2006. Dan, tujuan pendidikan nasional adalah penataan pola pikir dan tata kelola (tantangan internal dan eksternal), penyesuaian beban, penguatan proses, pendalaman dan perluasan materi.

Tema pengembangan Kurikulum 2013 adalag kurikulum yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif (melalui penguatan). Juga sikap, ketrampilan dan pengetahuan.

Pada kesempatan itu, Ghufron sampaikan penyempurnaan pola pikir perumusan kurikulum dan substansi perbaikan dokumen Kurikulum 2013: permasalahan dan hasil perbaikan. Menurut Ghufron, perlu adanya pemberian ruang kreatif kepada guru dalam mengimplementasikan kurikulum.

“Revisi 2017 penguatan pendidikan karakter, pengembangan higher order thinking skills, pengembangan kecakapan abad 21, gerakan literasi sekolah,” kata Anik Ghufron.

Penguatan pendidikan karakter sesuai PP RI.m No 87/2017 mengutamakan penanaman nilai-nilai religius, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong. “Ini relevan dipakai sekarang,” kata Anik Ghufron, yang juga menguraikan pengembangan kecakapan abad 21 dan gerakan literasi sekolah.

Menurut Ghufron, guru dapat menerapkan berbagai macam pembelajaran aktif dan tidak terbatas pada metode saintifik.

Sementara itu, Trisna Sukmayadi, ketua panitia, mengatakan, kegiatan ini salah satu kepedulian Prodi PPKn UAD bagi alumni yang gundah tentang Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

“Prodi PPKn tidak melepas begitu saja alumni, tapi melibatkan mereka dalam berbagai kegiatan. Dan adanya pelatihan ini mereka menjadi terbiasa dengan kurikulum,” kata Trisna Sukmayadi.

Ke depan, Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 dapat benar-benar terlaksana dalam pembelajaran. Dan untuk memperkuat implementasi Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 diperlukan pendampingan dalam bentuk workshop, yang merupakan bentuk pemantapan pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here