UMY MENDAPATKAN PENGHARGAAN NEW COLOMBO PLAN AUSTRALIA

0
5

YOGYAKARTA — Universitas Muhmmadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai kampus yang memiliki reputasi internasional mendapatkan penghargaan New Colombo Plan dari Pemerintah Australia dalam hal student mobility. UMY merupakan satu-satunya kampus swasta yang menerima penghargaan bergengsi ini diantara universitas terkemuka lainnya di Indonesia. Penghargaan New Colombo Plan tersebut diberikan pada 20 Maret 2018 lalu.

Menurut Eko Priyo Purnomo, M.Sc., M.Res., Ph.D selaku direktur kerjasama UMY, penghargaan tersebut didapatkan setelah beberapa tahun UMY bekerjasama dengan Curtin University Australia pada bidang student mobility. “Penghargaan ini didapatkan selama tiga tahun dari pemerintah Australia terutama school and design and business empeworment untuk belajar bersama dengan UMY tentang bagaimana mengelola bencana. Selain itu pemerintah Australia juga mendelegasikan para mahasiswanya untuk mempelajari tentang bencana di Indonesia. Program ini direncanakan akan dilaksanakan mulai pada 17 November 2018 mendatang kemudian akan dibuatkan kurikulum bersama terkait kegiatan apa saja yang akan dilakukan oleh para mahasiswa asing, dan akan berjalan selama tiga tahun ke depan hingga tahun 2020,” papar Eko saat diwawancarai oleh Biro Humas dan Protokol UMY pada (29/3) di gedung A.R Fachrudin B.

Eko menambahkan ada dua kurikulum yang akan direncanakan dalam proses pembalajaran yang akan diberikann, yakni di dalam kampus dan di luar kampus secara praktis. “Pembelajaran di dalam kampus, para mahasiswa akan belajar beberapa hal seperti kondisi geografis Indonesia, politik, budaya, dan nilai keislaman yang ada Indonesia. Kemudian di luar kampus, kami akan memfokuskan terhadap bagaimana pengelolaan bencana, mulai dari memprediksi daerah-daerah yang rentan bencana, cara penanggulangan bencana, meminimalisir adanya korban bencana, dan cara menghindari bencana,” ujar Eko.

Lebih lanjut Eko menambahkan penghargaan pada student mobility akan menjadi acuan bagi UMY untuk terus melebarkakn sayapnya dengan meningkatkan mobilisasi staff mobility dan kolaborasi penelitian. “Harapan kami dengan adanya penghargaan ini reputasi UMY akan semakin meningkat dan mahasiswa akan merasakan suasana Internasional. Kemudian penghargaan ini juga semoga bisa memicu para dosen untuk meningkatkan publikasi Internasional,” tandasnya.

Sumber: http://www.umy.ac.id/umy-mendapatkan-penghargaan-new-colombo-plan-australia.html