Mahasiswa PBI UAD Raih Juara Mawapres ke-2 Tingkat Kopertis

YOGYAKARTA — Ika Suciwati, mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil menyabet juara 2 Mawapres Kopertis V DIY. Ajang pemilihan mahasiswa berprestasi tersebut diselenggarakan di Kantor Kopertis Wilayah V DIY pada 5 April 2018. Dalam seleksi ini, Ika unggul dari kandidat Mawapres UTY, ATMA JAYA, ALMA ATA dan UMY. Sementara itu, juara 1 diraih oleh mahasiswa FK UII.
Berbagai persiapan telah ia lakukan menjelang pemilihan Mawapres tingkat kopertis. Salah satunya dengan mengumpulkan prestasi. Menurutnya penilaian tertinggi terletak pada prestasi yang dimiliki. Setidaknya 15 prestasi berhasil diraih Ika dalam satu tahun terakhir. Prestasi tersebut diantaranya Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Universitas Ahmad Dahlan, Best Paper on ASEAN Youth Cultural Exposure (Bangkok, Thailand), Best Idea pada ASEAN International Summit, Presenter in the 9th International Conference on Language, Innovation, Culture and Education (Bangkok, Thailand), Top 3 Best Novice Speaker of The 2018 ASIAN English Olympics serta Semifinalist of National English Education Debate (NEED).
Dikatakan Ika, kunci kemenangannya adalah sabar dan menjalani segala proses dengan maksimal. Ia merasa senang dan bersyukur karena dapat meraih juara 2 dalam ajang ini. “Terimakasih kepada Kaprodi PBI, Sekprodi, Dosen Pembimbing, Pihak Fakultas dan Universitas, serta teman teman yang mendukung saya selama ini”, ungkapnya.
Prestasi Ika Suciwati menjadi sejarah tersendiri bagi UAD, khususnya Prodi PBI. Pasalnya, sudah tiga tahun berturut-turut mahasiswa Prodi PBI mewakili UAD dalam ajang ini. Dua finalis mahasiswa Prodi PBI yang berhasil menjuarai ajang ini adalah Lidya Tarmidzani Putri (juara II Mawapres Kopertis V DIY 2017) dan Iqwan Sanjani (juara III Mawapres Kopertis V DIY, finalis 15 besar Mawapres Nasional 2016).