Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Pelajar Kelas X SMK Muhammadiyah Imogiri Ikuti Latsarmendis

BANTUL — Pelatihan dasar mental disiplin (Latsarmendis) Angkatan IV tahun 2018 berlangsung hari ini, di Lapangan SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul. Pembukaan dilakukan Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729/Bantul Mayor Inf Suwarno.

Kegiatan yang diikuti 503 pelajar kelas X ini dihadiri Pasiterdim 0729/Bantul, Danramil 10/Imogiri Kapten Inf Surono, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Imogiri H. Nur Wahyuntoro, pelatih dari anggota TNI Kodim 0729/Bantul dan guru pendamping.

Mayor Inf Suwarno menyampaikan, Latsarmendis ini merupakan wujud dari mendidik rasa cinta tanah air dan rasa nasionalisme yang tinggi di kalangan pelajar. Juga sebagai penerus generasi bangsa demi tegak kokohnya NKRI.

“Dan pelatihan ini merupakan upaya memberikan bekal pengetahuan untuk membentuk sikap disiplin dan mental yang kuat dalam kepemimpinan yang memadai agar dapat memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan,” kata Mayor Inf Suwarno.

Pada kesempatan itu, Kasdim 0729/Bantul, mengimbau, agar latihan ini tidak dipandang kegiatan seremonial yang rutin dilaksanakan. “Tapi harus menjadi wahana untuk mempertebal semangat nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa dan negara Indonesia,” kata Mayor Inf Suwarno.

Di samping pemberian ilmu akademis, juga pemberian pengetahuan kedisiplinan yang mendalam. “Hal itu sangat penting mengenai kedisiplinan diri,” tandas Mayor Inf Suwarno.

Pertahanan negara, menurut Mayor Inf Suwarno, bukan hanya peran TNI saja. “Tapi juga peran seluruh komponen bangsa termasuk para pelajar,” tambah Mayor Inf Suwarno.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah Imogiri, H. Nur Wahyuntoro, sangat berterimakasih kepada Kodim 0729/Bantul yang berkenan memberikan pengetahuan kedisiplinan dan membentuk sikap disiplin para pelajar.

Mengingat perkembangan saat ini di kalangan pelajar mulai runtuh kedisiplinannya. “Sehingga kami meminta bantuan kepada TNI dalam pembentukan sikap kedisiplinan secara baik dan benar,” tandas H Nur Wahyuntoro.

Penyakit masyarakat yang mulai meningkat seperti tawuran dan tindakan kriminal, sangat rentan memengaruhi para generasi muda, khususnya para pelajar. “Hal seperti itu harus dilawan dengan menciptakan iklim kebersamaan dan kekeluargaan antara guru dengan siswa,” kata Nur Wahyuntoro.

Selain itu, juga melaksanakan deteksi dini dan cegah dini terhadap perilaku siswa yang menyimpang serta dilaksanakan temu cepat dan lapor cepat untuk penanganan lebih baik. (*/Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here