Pelajar SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta Gelar Aksi Bersih Pantai

0
60

YOGYAKARTA — Dengan membawa beraneka peralatan untuk bersih-bersih, pelajar SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta membersihkan sampah di sekitar pantai Depok Bantul. Sejak pukul 10.00 pelajar SMP Muhammadiyah 2 YK sudah memadati area pantai yang ditentukan sebagai titik kumpul oleh panitia. Mengenakan  sarung tangan, membawa kantong plastik, peserta dengan tertib dan antusias langsung memunguti sampah pantai. Hebatnya seluruh peserta yang merupakan perwakilan kelas sangat kompak dan akrab meski berbeda kelas.

“Awalnya kami hanya membatasi lima puluh orang tetapi antusias peserta didik yang begitu tinggi membuat panitia harus mewadahi keinginan mereka,” kata Jujuk, koordinator kegiatan bersih-bersih pantai pada Ahad, 8 April  2018. Beliau juga menambahkan bahwa tema aksi bersih pantai yang digelar oleh pelajar SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta bertemakan ‘Kenali Pantaimu, Cintai Lingkunganmu’’

Menurut Supriyadi,S.Pd.M,Si menyampaikan, aksi bersih pantai  yang digelar pelajar SMP Muhammadiyah 2 YK merupakan aplikasi pendidikan karakter terhadap cinta lingkungan dan kebersihan. Aplikasi pendidikan akhlak bahwa kebersihan sebagian dari iman. Serta pendidikan rasa tanggung jawab menggunakan lokasi saat datang bersih, pulang juga bersih, papar Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 YK yang turut serta mendampingi peserta bersih pantai.

Sementara itu menurut Hj Nur Afiati,S.S, menjelaskan bahwa  keberadaan siswa berada di luar sekolah, adanya gerakan bersih pantai sebagai wujud nyata khususnya pada mapel IPS tidak hanya teori di kelas.  Apabila lingkungan sekitar pantai bersih maka kita perlu bersyukur.  Namun, jika pantai  kotor maka sebagai seorang muslim wajib peduli untuk memungut sampah.

Selain itu,  Aisyah Artha Putri Kinanthi salah satu siswa SMP muhammadiyah 2 YK yang menjadi salah satu peserta aksi bersih pantai,  menaruh harapan besar pada semua orang supaya terinspirasi melakukan aksi bersih pantai meskipun di lokasi yang berbeda. (Juwanti)