Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Seleksi Masuk PTM Akan Digelar Serentak

SURABAYA — Sebagaimana disampaikan tim sekretariat pusat, Dr. Muhammad Da’i, dalam kick off (peluncuran) program SBMPTM, di Harris Pop Hotel & Convention, Surabaya, Sabtu (14/4/2018), seleksi bersama masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) akan digelar serentak di 12 PTM di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan SBMPTM yang akan menggunakan metode computer based test (CBT) dilaksanakan dengan dua jenis tes: tes potensi akademik (TPA) dan materi IPA, pekan ketiga Juli 2018.

PTM yang akan melaksanakan SBMPTM antara lain: Universitas Ahmad Dahlan, UM Jakarta, UM Makassar, UM Malang, UM Palembang, UM Prof. Dr. Hamka, UM Purwokerto, UM Semarang, UM Sumatera Utara, UM Surabaya, UM Surakarta, dan UM Yogyakarta.

Pada periode ini, program studi (prodi) yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa adalah pendidikan dokter dan akan diperluas prodi-prodi lain di periode berikutnya.

Dijelaskan Muhammad Da’i, SBMPTM tersebut merupakan seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTM. Program tersebut diinisiasi oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Pelaksanaannya dilandasi semangat kebersamaan untuk membesarkan PTM. Harapannya, di tahun-tahun mendatang PTM mendapatkan input yang baik, lulusan yang berkualitas, berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan citra baik Persyarikatan Muhammadiyah.

Selain itu, Dr. Siti Dyah Handayani, SE, MM, menambahkan, keunggulan sistem pendaftaran online SBMPTM memudahkan calon mahasiswa memilih PTM tujuannya. “Calon mahasiswa cukup mendaftar melalui portal online dan melakukan pembayaran melalui transfer via Bank Syariah Mandiri terdekat atau bank-bank lainnya dengan menggunakanvirtual account calon mahasiswa,” papar Siti Dyah Handayani, Kepala Biro Admisi UMY.

Sehingga pada pelaksanaannya, diharapkan lebih efisien, murah, dan fleksibel karena adanya mekanisme lintas wilayah. Dengan biaya pendaftaran Rp.750 ribu peserta mempunyai kesempatan memilih tiga prodi pada PTM yang berbeda dan mengikuti ujian di lokasi terdekat.

Pendaftaran SBMPTM akan dibuka pada 1 Juni 2018 selama satu bulan. Dan pelaksanaan ujian direncanakan pada pekan ketiga Juli 2018 dengan beberapa gelombang.

Kuota calon mahasiswa jalur SBMPTM pada periode ini 5 ribu orang peserta. Dari jumlah itu, panitia menyediakan 250 kursi untuk lolos tahap satu. Peserta yang lolos tahap ini akan mengikuti tes tahap selanjutnya di PTM tujuan masing-masing.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi sekretariat panitia pusat, Dr. Muhammad Da’I (+6281 2261 6732) atau Dr. Siti Dyah Handayani, SE, MM di Kampus Terpadu UMY Lantai Dasar Gd. AR Fakhrudin Unit A, Telp (0274) 387656 ext 200. (*/ASA)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here