Muhammadiyah Gandeng BPN Percepat Sertifikasi Tanah Wakaf

0
104

YOGYAKARTA — Pemerintah berkomitmen membantu Muhammadiyah dalam proses sertifikasi tanah wakaf persyarikatan Muhammadiyah. Komitmen tersebut diungkapkan oleh Tri Wibisono, kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional  Propinsi DIY dalam forum Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Majelis Wakaf Muhammadiyah PWM DIY di ruang pertemuan kantor Wilayah Muhammadiyah Gedung Kuning Jogyakarta 15 April 2018.

Komitmen tersebut dituangkan dalam MoU antara BPN dengan PP Muhammadiyah pada 24 Februari 2017, No 1/SKB/ II/2017; No 113/MoU/I.0/K/2017. Dalam naskah tersebut dijelaskan bahwa Pihak BPN akan membantu percepatan proses sertifikasi. Ini sejalan dengan program pemerintah saat ini.

Di samping masalah percepatan proses sertifikasi tanah wakaf, Rakorwil MWK PWM kali ini juga mensosialisasikan Program SIMAM (Sistem Informasi Manajemen Aset Muhammadiyah) yang  sudah dirancang dan diimplementasikan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Amal Usaha Muhammadiyah se DIY. Jadi sekarang mudah melakukan monitoring terhadap aset Muhammadiyah, kata ketua PWM DIY, Gita Danu Pranata.