Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Niken Wulandari Mahasiswi Prodi Sistem Informasi FMIPA UAD Terpilih Jadi DSC Google

YOGYAKARTA — Prestasi gemilang diraih Niken Wulandari. Berkat kerja kerasnya, mahasiswi aktif semester 6 Program Studi Sistem Informasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta ini, memperoleh kepercayaan dari Google sebagai Lead for Developer Student Clubs (DSC) untuk kampus UAD.

Menurut Niken, DSC merupakan program pengembang Google untuk mahasiswa universitas, yang dirancang untuk membantu mereka dalam mempelajari ketrampilan pengembangan aplikasi seluler dan web.

Dan, program DSC ini bersifat terbuka untuk semua mahasiswa: mulai dari pengembang pemula — yang baru memulai — hingga pengembang tingkat lanjut yang ingin meningkatkan ketrampilan mereka.

“Hal ini dimaksudkan untuk menjadi ruang bagi mahasiswa dalam belajar dan berkolaborasi ketika mereka memecahkan masalah pengembangan seluler dan web,” jelas Niken Wulandari, Kamis (19/4/2018) di Kampus 3 Jl Prof. Dr. Soepomo, Yogyakarta.

Dan atas prestasinya itu, mahasiswi asal Magelang, Jawa Tengah, memperoleh kesempatan untuk mengikuti Developer Student Clubs (DSC) Leader Summit 2018 yang diselenggarakan di Denpasar, Bali, pada Maret 2018 lalu.

Bagi Niken Wulandari, kegiatan itu merupakan ajang berkumpul bagi para googlers (sebutan untuk para karyawan dan developer google) dari berbagai negara: Canada, US, India dan Singapore.

“Fokus kegiatan itu adalah seminar dan workshop tentang web apps development, android apps development, machine learning, google cloud platform advanced skill dan leadership,” terang Niken.

Kini, tugas utama Niken — panggilan akrab Niken Wulandari — sebagai DSC Leader adalah membentuk core-team dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam pengembangan web dan aplikasi seluler.

Niken menjelaskan,  core-team DSC UAD Yogyakarta terbuka bagi siapa saja dan mahasiswa UAD yang berminat untuk mengelola sharing-event untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam pengembangan aplikasi.

Sementara itu, Mursid Wahyu Hananto, Kepala Program Studi Sistem Informasi FMIPA UAD, mengatakan, Prodi sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh DSC UAD. “Saya harapkan dapat berkolaborasi dengan komunitas mahasiswa di sistem informasi seperti Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi agar dampak positif bagi mahasiswa sistem informasi dapat dirasakan manfaatnya,” papar Mursid Wahyu Hananto.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here