Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Teliti CSR Bank Sampah Adhianty Raih Gelar Doktor

YOGYAKARTA — Untuk mencapai tujuan pembangunan nasional, yaitu kesejahteraan masyarakat — baik secara nasional maupun global (agenda SDG’s) — diperlukan kerja sama dan partisipasi dari seluruh pemangku kepentingan seperti pemerintah, masyarakat dan pelaku bisnis (perusahaan) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Hal itu yang menjadi alasan penting penelitian disertasi Adhianty Nurjanah, SSos, MSi, dengan mengangkat tema “pemberdayaan masyarakat melalui sinergisitas peran gender pada program CSR Bank Sampah Mandiri PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant” yang dilaksanakan di Kampus Terpadu Unversitas Sebelas Maret Surakarta.

Adhianty Nurjanah, yang merupakan dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dalam sidang itu berhasil meraih gelar doktor dengan predikat cumlaude.

Gelar tersebut diraih pada pelaksanaan ujian terbuka Promosi Doktor, Program Doktor Ilmu Penyuluhan Pembangunan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, Rabu (18/4/2018), di depan tim promotor terdiri dari Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS, Prof. Dr. Widodo Muktiyo, M.Si, Dra. Sri Kusumo Habsari, M.Hum, Ph.D dengan tim penguji Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D, Prof. Dr. Ir. Sunnaru Samsi Haryadi, M.Si, Prof. Dr. M.Furqon Hidayatullah, M.Pd, Dr. Sapja Anantanyu, SP,M.Si, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si.

Adhianty menyampaikan, salah satu program pembangunan nasional yang dilakukan oleh perusahaan adalah melalui Program CSR.

Dan, program CSR Bank Sampah Mandiri adalah program pemberdayaan masyarakat PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant.

Fokus penelitian ini untuk mengkaji karakteristik masyarakat penerima manfaat program CSR. Kemudian, mendeskripsikan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan perusahaan.

Lalu, mengkaji pola komunikasi antarperusahaan dan masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat pada program CSR Bank Sampah. Juga mengkaji profil peran gender pada masyarakat penerima manfaat program CSR. Merumuskan model pemberdayaan masyarakat melalui sinergisitas peran gender pada Program CSR Bank Sampah Mandiri PT Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant di masa depan sebagai upaya mewujudkan kesetaaraan gender.

Ketika ditemui di Prodi Ilmu Komunikasi UMY, Kamis (19/4/2018), Adhianty menambahkan, karakteristik masyarakat penerima manfaat program CSR Bank Sampah Mandiri PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant secara fisik kondisi wilayahnya berupa daerah perumahan di wilayah perkotaan.

“Pada wilayah tersebut mayoritas bertipe bangunan 36 dan secara ekonomi mereka merupakan warga menengah ke bawah. Secara sosial dan budaya merupakan masyarakat yang masih menghargai harmonisasi dalam keluarga dan masyarakat,” papar Adhianty.

Hal tersebut, seperti dikatakan Adhianty, ditandai dengan karakteristik masyarakat yang guyub rukun, gotong royong, saling peduli, saling membantu dan memiliki sifat “blaka suta” serta proaktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

Selain itu, karakteristik masyarakat lainnya adalah adanya fluiditas dan sinergisitas peran gender dalam keluarga. “Filosofi masyarakat yang menjunjung tinggi keharmonisan keluarga menyebabkan laki-laki dan perempuan saling bertukar peran untuk mencapai tujuan kesejahteraan keluarga,” imbuh Adhianty.

Sampai saat ini, program CSR tersebut, menurut Adhianty, masih berkelanjutan. “Karena perusahaan menerapkan prinsip menghargai lokalitas atau valuing the local,” tandas Adhianty.

Hasil penelitian ini juga menemukan adanya dua unsur penting yang tidak dikemukakan oleh Iffe (teori, red) dalam prinsip lokalitas sebagai prinsip utama pemberdayaan. Yaitu, menghargai keluarga (valuing family) dan menghargai kebiasaan lokal (valuing local habit) sebagai prinsip pemberdayaan masyarakat. Sehingga program CSR dapat diterima oleh masyarakat dan dikembangkan oleh masyarakat dengan manfaat yang lebih besar.

Bagi Adhianty, hasil pemberdayaan masyarakat melalui sinergisitas peran gender pada program CSR Bank Sampah Mandiri adalah keberdayaan masyarakat, baik laki-laki dan perempuan, yang ditandai dengan peningkatan aspek kehidupan, baik pada aspek akses berupa pengetahuan dan ekonomi, aspek peran berupa keikutsertaan atau partisipasi, aspek kontrol berupa kemampuan berjejaring dan aspek manfaat berupa pengetahuan, ekonomi, dan kesehatan lingkungan. “Harapan saya adalah pihak perusahaan, baik dari pemerintah maupun swasta, mampu menjalankan kewajibannya dengan komitmen bisnis melalui program CSR secara berkelanjutan,” tandas Adhianty. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here