News

News

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa

Tingkatkan Citra Panti Muhammadiyah, MPS DIY Gelar Workshop Media

YOGYAKARTA — Majelis Pelayanan Sosial PWM DIY mengadakan workshop media dengan tema “Optimalisasi Pengguanan Media untuk Membangun Citra Panti Asuhan Muhammadiyah” pada hari Ahad (1/5/2018) di Ruang Sidang Gedung PWM DIY, Jl. Gedong Kuning, No. 130 B Yogyakarta.

Workshop kali ini diperuntukkan bagi para admin pengelola media Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah di DIY yang jumlahnya ada 21 Panti Asuhan. Dani Kurniawan, selaku sekretaris MPS DIY dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan workshop ini dalam rangka mengangkat eksistensi Panti Asuhan Muhammadiyah melalui pemberitaan di sosial media, sehingga terbangun citra yang baik dan semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat.

“Menurut pemantauan MPS, masih banyak Panti Muhammadiyah yang belum memiliki website atau sudah punya tapi dikelola secara baik dan minim informasi, sehingga masyarakat tidak mengetahui keberadaan panti beserta kegiatan yang ada di dalamnya. Maka dari itu, kedepan akan kita wajibkan setiap panti harus memiliki media website yang terkelola secara professional supaya panti kita menjadi Panti Asuhan yang berkemajuan,” jelas Dani.

Dalam workshop kali ini, turut diisi oleh Eva Nurul Huda selaku redaktur pelayanansosial.com yang memberikan materi tentang pengelolaan media dan penulisan jurnalistik. Menurutnya, sebelum menulis berita para peserta harus mengetahui terlebih dahulu 5W1H dan konsep piramida terbalik.

“Sebelum menjadi seorang jurnalis, setidaknya harus sudah mengetahui 5W1H (What, Who, When, Where, Why and How). Sedangkan untuk konsep penulisan, bisa menggunakan konsep Piramida terbalik dengan memberikan judul yang menarik. Dengan tata penulisan urutannya dari yang paling penting, penting dan kurang penting. Dengan menguasai sedikitnya dua konsep itu, para pengelola panti atau siapapun sudah bisa menulis berita,” terang Evan.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here