News

News

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius

MLH PWM DIY Gelar Workshop Pendidikan Lingkungan Hidup

BANTUL — Memperingati Hari Pendidikan dan Hari Bumi tahun 2018, Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta adakan praktik teknologi tepat guna sederhana dalam efisiensi energi dan respon problem sampah di kawasan konservasi mangrove Desa Baros Bantul, di Museum Gumuk Pasir Depok, Bantul, Kamis (10/5/2018).

Bupati Bantul melalui Wakil Bupati Drs H Abdul Halim Muslih, mengapresiasi MLH PWM DIY di saat isu lingkungan sedang mengemuka.

“Seiring pembangunan sarana dan prasarana, tentu saja hal ini  akan meninggalkan problem lingkungan yang harus kita tanggulangi bersama,” kata Abdul Halim Muslih.

Wakil Bupati Bantul mengatakan, Pemkab Bantul bersama semua stakeholder melakukan revitalisasi untuk menghadapi tantangan permasalahan sampah. “Misalnya adalah sampah,” tandas Abdul Halim.

Ketua PWM DIY, Gita Danu Pranata, mengapresiasi kegiatan workshop yang diadakan MLH PWM DIY. “Ke depan, saya berharap Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY bisa menginisiasi kegiatan yang melibatkan majelis, lembaga dan ortom lainnya,” kata Gita yang berharap MLH PWM DIY juga melakukan aksi nyata dalam pelestarian lingkungan.

Adapun materi kegiatan disampaikan Ir Wakhid (Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul), Drs Mardiyanto, Apt, MT (MLH PWM DIY) dan Ketua Pengelola Kawasan Konservasi Mangrove Desa Baros Bantul.

Kegiatan ini, sebagaimana disampaikan Supardal dari MLH PWM DIY, bertujuan warga masyarakat di berbagai tingkatan tentang kesadaran kelestarian lingkungan hidup.

Muhammadiyah sebagai sebuah gerakan masyarakat, memiliki amal usaha pendidikan di berbagai tingkatan, yang selama ini turut aktif ambil bagian dalam menjaga kelestarian bumi.

Selain itu, membangun kesadaran warga Muhammadiyah tentang berbagai persoalan yang mengancam keberlangsungan bumi dan kehidupan di dalamnya untuk melakukan amal saleh lingkungan yang tepat dan merumuskan langkah-langkah yang tepat dalam merespon persoalan sampah di kawasan konservasi mangrove Desa Baros, Bantul.

Kegiatan diikuti ortom, Majelis/Lembaga/Badan di lingkungan PWM DIY, Kepala P3E Regional Jawa Kementerian LHK RI, Dinas Lingkungan Hidup Bantul, Dinas Kelautan dan Perikanan Bantul, Dinas PU dan Perumahan Bantul, PTM di DIY, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM), PCA, PCPM, PCNA Sanden. Juga PCM, PCA, PCPM, PCNA Kretek, dan PRM/PRA Trihargo, pelaku wisata Parangtritis, Depok, Pantai Baru, Cemara Sewu, masyarakat pesisir pantai Parangtritis, Depok, Baros, untuk kemanfaatan umat.

Diharapkan, penyelesaian problem lingkungan hidup ke depan akan semakin baik dan adanya komitmen serta sinergi berbagai pihak. (Dho)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here