Peran Penting Orangtua dalam Pendidikan Anak

0
35

Oleh: Eko Harianto*

Anak adalah individu yang unik, anak merupakan aset yang menentukan kelangsungan hidup, kualitas dan kejayaan suatu bangsa di masa mendatang. Banyak juga yang mengatkan bahwa anak adalah miniatur dari orang dewasa. Padahal mereka betul-betul unik. Mereka belum banyak memiliki sejarah masa lalu. Pengalaman mereka sangat terbatas. Oleh karena itu anak perlu dikondisikan agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan dididik sebaik mungkin agar di masa depan dapat menjadi generasi penerus yang berkarakter serta berkepribadian baik.

Keluarga adalah lingkungan yang pertama dan utama dikenal oleh anak. Karenanya keluarga sering dikatakan sebagai primary group. Alasannya, institusi terkecil dalam masyarakat ini telah mempengaruhi perkembangan individu anggota-anggotanya, termasuk sang anak. Kelompok inilah yang melahirkan individu dengan berbagai bentuk kepribadiannya di masyarakat. Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri bahwa sebenarnya keluarga mempunyai fungsi yang tidak hanya terbatas sebagai penerus keturunan saja. Mengingat banyak hal-hal mengenai kepribadian seseorang yang dapat dirunut dari keluarga.

Karakter keluarga adalah garis-garis kepribadian, jati diri, dan juga kehormatan seperti apa yang kita pilih. Bagi orang-orang beriman, pada mulanya adalah kefahaman, niat, kehendak luhur. Lalu sesudah itu adalah perilaku-perilaku kebajikan. Semestinya keluarga adalah persemaian bagi tumbuhnya sebuah karakter, lahan bagi terbangunnya identitas diri, dan rumah dimana kita mendapatkan spirit untuk berarti. Kebanggaan atas nama keluarga ada kebolehannya dalam batas tertentu yang menyemangati, bukan kebanggaan keluarga yang feodal, fanatis, dan arogan.