Fadhilah Berpuasa Di Bulan Ramadhan

0
59

Oleh: Abdur Rauf *

Mengawali tulisan ini, terlebih dahulu saya mengajak saudara sekalian, hendaklah kita mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT. Allah SWT telah memberikan kesehatan dan kesempatan kepada kita untuk dapat berada di dalam bulan suci Ramadhan 1439 H yang InsyaAllah penuh berkah ini. Tentu saya juga bermohon kepada Allah SWT, semoga Allah SWT melapangkan hati kita selapang-lapangnya dalam menyambut bulan yang mulia ini, sebab kelapangan hati menjadi faktor penting dalam melakukan amal shalih. Kelapangan hati menuntun kita kepada keikhlasan dalam beramal shalih, sehingga kualitas amal yang kita kerjakan benar-benar baik. Jika seandainya hati sempit maka akan sulit merealisasikan amal shalih yang berkualitas tersebut.

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling istimewa dari bulan-bulan yang lain, sebab hanya di bulan ini saja lah Allah SWT mewajibkan orang yang beriman untuk berpuasa. Sebagaimana termaktub dalam firman-Nya:

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah/ 2: 183)