Opini

Opini

Opini

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Me-RAMADHAN-kan Kehidupan

Oleh : Arif Jamali Muis

Hadirnya Bulan suci Ramadhan disaat tahun politik (Tahun 2018 dan 2019)  bak penyejuk bagi bangsa ini, harus jujur kita akui pasca pilpres tahun 2014, pilkada Jakarta tahun 2017 dan puncaknya tahun politik 2018 dan 2019, menjadikan bangsa ini terbagi dalam dua kelompok besar pendukung Jokowi (pemerintah) dan oposisi pemerintah,  dan pertentangan ini tidak hanya terjadi pada elit politik tetapi sudah menyentuh tataran masyarakat, lihat lah bagaimana setiap kejadian selalu saja dijadikan alat untuk saling menjatuhkan, kasus Car Free Day, meninggalnya seorang anak karena antri sembako di monas, kasus bentrokan di Mako Brimob dan yang terakhir BOM  maut Surabaya, entah masih berapa banyak lagi momentum kedepan yang akan dijadikan alat saling bertengkar, menjatuhkan, dan jika tidak hati – hati, energy bangsa ini habis hanya untuk saling menegasikan, kita lupa untuk membangun peradaban bangsa ini.  Dalam suasana batin tahun politik seperti ini, ujaran kebencian gampang diucapkan, fitnah, saling klaim kebenaran marak di tengah masyarakat terutama media sosial, hadirnya Bulan suci Ramadhan 1439 H sejatinya dapat menjadi penyejuk bagi bangsa Indonesia yang mayoritas umat Islam.

Meramadhankan Kehidupan

Perintah Puasa di bulan Ramadhan (QS: 2; 183) sesungguhnya tidak hanya perintah untuk tidak makan, minum, merokok, berhubungan suami istri dari terbit fajar hingga terbenam matahari, melainkan perintah mulia untuk mensucikan diri, mengendalikan nafsu duniawi agar mencapai derajat kemuliaan disini Allah, yaitu ketakwaan. Nabi pernah bersabda kepada para sahabatnya sehabis perang, bahwa meraka akan menghadapi perang yang lebih besar, para sahabat nabi bingung dan bertanya perang apalagi yang lebih besar dan dahsyat, di jawab nabi perang melawan hawa nafsu. Berpuasa bermakna juga berkuasa atas hati, pikiran, perkataan yang positif dan konstruktif.

Ketika umat Islam berpuasa, dan mengendalikan dari segala yang membatalkan puasa dan menghindari dari perbuatan negative yang dapat mengurangi pahala puasa, berkuasa atas bisikan syetan dan kesenangan duniawi, itulah yang dapat memberikan makna dalam kehidupan dan dapat meramadhankan kehidupan. Ibadah ramadhan yang dilaksanakan selama satu bulan penuh, siang hari berpuasa, malam hari melaksanakan ibadah sholat tarawih, tadarus dan berbagai Ibadah lainnya, sesungguhnya mengajarkan kepada kita setiap nafas kehidupan kita ini adalah ibadah kepada Tuhan. Dalam ibadah puasa, umat islam tetap bisa mengerjakan aktvitas kesehariannya, tanpa menganggu dan membatalkan puasanya, hubungan kemanusiaan juga tetap bisa berjalan dalam kondisi tetap beribadah puasa, ini menandaskan Tuhan hadir bersama hambaNya dimana pun dan dalam aktivitas apapun. Meramadhankan kehidupan sama artinya “menghadirkan” Tuhan dalam kehidupan kita. Ramadhan akan kehilangan makna ketika sedang berpuasa tetapi melakukan kegiatan-kegiatan yang mengurangi pahala puasa. Saat berpuasa tetapi mengumpat,melakukan ujaran kebencian, menegasikan orang lain, maka hilang makna puasanya, hilang kesucian Ramadhan, karena Allah yang maha suci tentu tidak akan bersama dengan hambanya yang ucapan dan tindakannya yang kotor.

Berat memang untuk menjalankan Ibadah puasa Ramadhan, tidak hanya fisik, tetapi batin juga ikut berpuasa, karena beratnya Nabi Muhammadi mensinyalir banyak orang yang berpuasa hanya mendapatkan lapar dan haus belaka. Umat Islam yang berhasil meramadhankan kehidupannya merasa bahwa kehidupannya mulia, mendapatkan bimbingan dari Allah SWT, sehingga ketika bertindak dan berfikir dalam koridor kebaikan agama dan kemanusiaan, orang yang sedang berpuasa tidak berani melakukan tindakan – tindakan yang bisa merusak makna puasanya walaupun itu tidak membatalkan puasa. Inilah salah satu makna ibadah puasa yang penting dalam konteks kehidupan kita berbangsa dan bernegara saat ini. Puasa ingin mengajarkan bahwa kehidupan akan damai dan tenang jika kita bisa meramadhankan kehidupan.

Derajat Takwa

Ketika umat sedang berpuasa di siang hari dilanjut malamnya bermunajat kepada Tuhan dengan khusuk tujuannya adalah untuk mendapatkan derajat takwa, suatu derajat tertinggi manusia di hadapan sang Pencipta.

Ketakwaan yang didapatkan tentu tidak berada di menara gading yang hanya soleh secara pribadi belaka, tetapi takwa yang diperoleh dari proses berpuasa adalah ketakwaan yang mengakar ke bumi, yang terlihat jelas dalam kehidupan kesahariannya sebagaimana Ibadah puasa yang dilaksanakan juga dalam aktivitas keseharian. Bangsa ini membutuhkan manusia – manusia Indonesia yang berhasil ditempa dalam ibadah puasa Ramadhan, sehingga mencapai derajat ketakwaan yang haqiqi bukan ketakwaan yang formalis apalagi aksesoris, yang siap menghadapi Tahun Politik Bangsa ini. Selamat meramadhankan kehidupan 1439 H.


*Penulis adalah Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY dan Guru Matematika SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here