Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Thesis Writing Supervision Program

FILIPINA — Thesis Writing Supervision Program 2 Maret s.d. 30 April 2018 di USANT Filipina diikuti oleh Batch 6 sejumlah 10 mahasiswa PBI S2 UAD terdiri dari 6 laki-laki dan 4 perempuan.

10 Mahasiswa tersebut adalah hasil seleksi dari prestasi akademik, TOEFL, dan proposal penelitian yang sudah dipersiapkan dengan baik. Antusiasme mahasiswa sangat tinggi untuk mengikuti program ini karena penulisan thesis dapat diselesaikan lebih cepat, memberi pengalaman belajar di luar negeri dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris untuk keperluan paparan, debate dan berkomunikasi lancar. Dilihat dari lulusan mahasiswa yang mengikuti program sejak Batch 1-5 mereka rata-rata dapat memperoleh pekerjaan dengan cepat dan menduduki posisi bagus.

Mahasiswa dapat mempelajari budaya Filipina dan dapat memperkenalkan budaya Indonesia. Program ini merupakan salah satu program unggulan di prodi PBI S2 UAD yang saat ini terakreditasi A dengan score 371.

Adapun beberapa kegiatan yang harus diikuti oleh anggota batch 6 seperti pertukaran pengetahuan akan budaya yang dibawa dari Indonesia maupun sebaliknya, kemudian seminar dimana mereka menjadi presenter dan participants yang aktif. Kegiatan lain yang pernah dilakukan batch 6 selama di usant yaitu mengikuti acara graduation untuk mengetahui bagaimana cara pelaksanaannya dan untuk mengetahui perbedaan antara graduation yang dilakukan di UAD dan USANT.

Dalam hal akademik, adapun beberapa kegiatan yang juga harus diikuti selama di USANT di antaranya yaitu Preliminary, Title Defense, Research Forum, Comprehensive Exam, Pre-Oral Defense, Research Colloquium dan Final Defense. Mereka mengikuti program tersebut dengan baik dan disetiap program memiliki keunggulan untuk kepentingan akademik kedepannya untuk mereka.

Dalam ranah tersebut mereka dapat mengasah kemampuan mereka dengan memperluas critical thinking dan analisis. Mereka memanfaatkan kesempatan yang berkompeten tersebut dengan sebaik mungkin karena kesempatan tersebut tidak akan datang dua kali.

Di sisi lain kebutuhan keuangan sangat mendukung akan berlangsungnya program tersebut. Dalam hal ini keterlibatan orangtua sangatlah penting dalam menyokong kebutuhan masing-masing.

Keuntungan mengikuti program ini di antaranya, dapat meningkatkan pengalaman dalam berkomunikasi secara oral dan tertulis, berinteraksi dengan baik secara formal maupun non-formal, menjelajah pengalaman berbudaya, mendemonstrasikan belajar pembelajaran di antara pengalaman yang telah didesain untuk mengembangkan kemajuan pendidikan. Mereka dibimbing dan diarahkan oleh professor, Doktor yang professional sehingga mereka mampu menyelesaikan thesis dengan baik dan berkompetitif.

Selain itu, hal yang sangat penting dan sangat merekomendasi dari program ini adalah mengembangkan pengalaman akademik dan meningkatkan kualitas pendidikan di kancah Internasional.

Selain itu, final defense yang disebut dengan ujian akhir merupakan bagian akhir dari Thesis Writing Supervision Program yang harus diselesaikan oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar Magister.

Dalam ujian akhir, melibatkan beberapa dosen penguji yang sangat profesional dari USANT di antaranya Dr. Domingo Ortega, Prof. Estrella Arroyo dan Dr. Marilou D. Tino. Penguji dari UAD Yogyakarta yaitu Dr. Kasiyarno, M.Hum Dr. Noer Doddy Irmawati, M.Hum., dan Prof. Burhanuddin Arafah, Ph.D. dari UNHAS Makassar.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here