News

News

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024

Perilaku Cerminkan Isi Hati

Caption: H. Budi Sarwanto, S.Ag., M.Si. menyampaikan ceramah dalam Tarawih Keliling PRM Purwomartani Selatan di Masjid Nurul Islam Kadirojo 1, Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY, Kamis (7/6/18).

SLEMAN — Perilaku manusia mencerminkan isi hatinya. Perilaku yang baik menunjukkan bahwa hatinya baik. Sebaliknya, perilaku buruk memperlihatkan bahwa hatinya buruk.

Ibaratnya, air teh yang dituangkan dari cerek menunjukkan bahwa cerek tersebut berisi air teh. Air susu yang dicurahkan dari teko memperlihatkan bahwa teko itu berisi air susu.

Nabi Muhammad saw. bersabda, “Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR Bukhari).

Budi Sarwanto, S.Ag., M.Si., Ketua Majelis Tabligh PRM Purwomartani Selatan, mengutip hadis tersebut dalam ceramahnya pada Tarawih Keliling PRM Purwomartani Selatan di Masjid Nurul Islam Kadirojo 1, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (7/6/18). Tarawih Keliling ini merupakan salah satu program PRM Purwomartani Selatan yang telah dilakukan empat kali selama Ramadhan 1439.

“Ada tiga jenis hati menurut Ibn Al-Qayyim, yakni qolbun salim (hati yang sehat), qolbun mayyit (hati yang mati) dan qolbun maridh (hati yang sakit). Orang Muslim yang masuk surga hanyalah dia yang empunya hati yang sehat,” jelas Budi Sarwanto.

Maka, lanjutnya, orang yang hatinya mati dan sakit harus disembuhkan. Salah satu cara untuk menyembuhkan hati yang mati atau sakit adalah mengingat kematian. Dengan mengingat kematian, manusia diharapkan sadar bahwa dirinya akan mati dan mempertanggungjawabkan perilakunya selama hidup di dunia. Sehingga, dia harus memiliki hati yang baik dan berperilaku dengan baik.[] Agung Prihantoro

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here