Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas Unik! Lulusan PPG UAD 2024 Kenakan Pakaian Adat dan Panitia Pakai Baju Sekolah Rayakan Milad ke-43, UMY Gelar Workshop Fotografi Selami Sudut Kampus Mahasiswa KKN Muballigh Hijrah Diharap Ajur dan Ajer dengan Masyarakat Peduli Sampah dan Lingkungan, Mahasiswa KKN UAD Bantu Warga Kelola Sampah Rektor Muchlas: UAD Lakukan Hilirisasi Inovasi Penelitian untuk Masyarakat

Persada Pupuk Jiwa Entrepreneur dengan Budidaya Lele

YOGYAKARTA — Salah satu dampak positif dari pandemi Covid-19 ini  munculnya gagasan kreatif yang memanfaatkan waktu dan keterbatasan yang ada.

Untuk memupuk jiwa entrepreneur, selain juga dalam rangka program ketahanan pangan mengingat pandemi Covid-19, Pesantren Mahasiswa KHA Dahlan (Persada) menebar bibit lele lebih dari 2.500 ekor sejak bulan Agustus 2020.

Wakil Rektor I UAD Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Drs Parjiman, M.Ag, mengapresiasi program tersebut. “Saya berharap kegiatan ini bisa dikembangkan lebih banyak lagi maupun jenis ikan yang dibudidayakan,” kata Parjiman, Senin (23/11/2020).

Bagi Parjiman, program budidaya lele ini merupakan bagian dari proses belajar santri untuk memupuk jiwa entrepreneur. “Manfaatkanlah peluang tersebut untuk belajar, berlatih dan praktik sehingga pada masanya kembali ke masyarakat bisa berdakwah sambil memberdayakan masyarakat,” ungkap Parjiman, yang berharap ke depan masyarakat kuat secara akidah maupun ekonomi.

Kini semua warga Persada, baik pengurus, cleaning service, security hingga tukang kebun, turut merasakan manfaatnya. Selain itu, para pimpinan di lingkungan UAD Yogyakarta hadir pada acara makan siang dengan mencicipi aneka olahan lele.

Lele yang dipanen itu dimasak sendiri oleh pengurus asrama. Andika Setyo Budi, Semaun Al Usman dan Mohammad Subkhi adalah sebagian pengurus yang ahli dalam memasak dan sudah berpengalaman.

Pada kesempatan itu dihidangkan aneka olahan lele dengan sambal, lele bakar, lele goreng, balado, mangut, fillet, menu sayuran dan bahan lainnya. (Diyan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here