Penggubah Lagu Mars Muhammadiyah

0
50

Djarnawi Hadikusumo adalah tokoh besar di Muhammadiyah dan merupakan putra Ki Bagus Hadikusumo, juga tokoh panutan di organisasi yang berdiri tahun 1912 ini. Ia lahir di daerah yang menjadi jantungnya Muhammadiyah, Kauman, pada 1920 (meninggal pada 1993) dan menempuh pendidikan di sekolah-sekolah Muhammadiyah dibawah bimbingan, diantaranya, K.H. Mas Mansur, K.H. Faried Ma`ruf, K.H. Abdul Kahar Mudzakir, Siradj Dahlan dan Buya Hamka. Intinya darah, daging, dan tulang Hadikusumo adalah Muhammadiyah.

Selain berkiprah lama di Muhammadiyah, termasuk di tingkat pimpinan pusat, Hadikusumo merupakan ketua umum Parmusi (Partai Muslimin Indonesia) setelah didirikan tahun 1968 dan kembali menjadi ketua umum ketika M Roem ditolak pemerintah Orde Baru untuk memimpin partai itu.

Sang Surya adalah bagian dari karya besar yang ditinggalkan Hadikusumo di Muhammadiyah. Dengan mengingat perjuangan dan dedikasinya di organisasi ini, lagu ini memang tepat diletakkan pada tempat yang utama. Namun demikian, mars ini bukanlah bagian dari doktrin Muhammadiyah dan Islam. Ia bukan karya sakral yang tidak bisa diperbarui atau dimodifikasi. Dan memang, Muhammadiyah tidak men-taboo-kan kritik terhadapnya.