Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Wabup Banjarnegara, Syamsudin: Bangga dengan Kiprah Mu’allimin Jelang Satu Abad

BANJARNEGARA — Wakil Bupati Banjarnegara H Syamsudin SPd MPd menyatakan rasa kebanggaannya atas peran serta positif yang telah ditunjukkan oleh Mu’allimin dalam upayanya ikut mendidik dan menyiapkan generasi muda bangsa calon-calon pemimpin masa depan yang berbudi pekerti luhur, berwawasan luas, kompeten, dan memiliki visi yang jelas untuk kemanfaatan umat.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Syamsudin di hadapan civitas akademika Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dalam acara syawalan guru dan karyawan beserta keluarga besar madrasah tertua di Indonesia itu di Hotel Surya Yudha, Banjarnegara, Senin Malam (25/6/18).

“Kiprah Muhammadiyah begitu nyata dalam berbagai kesempatan,  termasuk yang dilakukan di Banjarnegara. Demikian pula secara khusus, Mu’allimin dengan gaungnya yang terus membahana di usianya yang hampir 100 tahun ini, telah menunjukkan prestasi yang sangat besar dan mendasar dalam usaha menyiapkan calon-calon pemimpin masa depan yang mampu menyelaraskan antara apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukannya. Dan itu adalah ruh pendidikan di Muhammadiyah,” ungkapnya.

Menurutnya, lulusan Mu’allimin pada saatnya nanti harus mampu menjadi pemantik emansipasi positif bagi bangsa ini di masa depan, pada saat dimana sentimen apatisme masyarakat terhadap dinamika perpolitikan secara  nasional yang kian tampak jelas.

Rakyat sering merasa begitu lelah dengan sikap dan perilaku yang ditunjukkan oleh sebagian elit politik kita yang hanya sibuk mengejar popularitas, dan mengedepankan pencintraan, namun tidak cakap dalam kerja. Di situlah, Muhammadiyah dan juga Mu’allimin bisa menjadi alternatif dan solusi yang tepat bagi masyarakat untuk memunculkan peminpin yang baik bagi umat.

“Hubungan antara Banjarnegara dan Muhammadiyah hingga saat ini sangatlah mesra dan baik. Oleh karena itu secara khusus, kami sangatlah terbuka dan merasa bangga apabila di masa-masa yang akan datang kami bisa bermitra secara lebih intensif dengan pihak Mu’allimin dalam perspektif kerja sama yang saling memberi kontribusi positif,” tukas Syamsudin pada akhir pidatonya.

Sementara itu, dalam sambutannya direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta H. Aly Aulia, Lc., MHum berharap momentum syawalan ini dapat dijadikan sebagai termin penting dalam upaya meningkatkan kualitas diri kita, baik dalam perspektif hubungan kita kepada Allah, maupun dalam frame hubungan kita dengan sesama.

“Secara pribadi dan juga kelembagaan, saya berharap momen syawalan ini akan berefek positif terhadap harmonisasi dan tata hubungan  silaturahmi serta ukhuwwah Islamiyah di antara kita. Dan pada gilirannya nanti juga akan menjadi pemicu bagi prestasi kerja kita untuk mengembangkan madrasah tercinta ini,” tukas Aly.

Acara juga dimeriahkan dengan pembagian ratusan doorprize yang disediakan oleh panitia dan para sponsor kepada para hadirin. Bahkan hingga acara berakhir, masih banyak hadiah yang bernilai jutaan rupiah tersebut belum terbagi. Rencananya pembagian doorprize tahap kedua akan dilanjutkan pagi ini, sebelum check out menuju Baturaden.(HN)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here