News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal Saat Ariswan Jelaskan Keberkahan Ramadhan dan Perjalanan Spiritual Melalui Muhammadiyah Maksimalkan Potensi Kemajuan Muhammadiyah, Haedar Nashir Seru Massifkan Dakwah via Sosmed

Samalanga Melawan Intoleransi — Samalanga "Mempermalukan ku"

(Kisah Intoleransi atas pembangunan Masjid Taqwa di Samalanga Bireun, Aceh)

ACEH — Ketika melihat deretan Foto dan narasi yang dikirimkan, Ketua PDM Bireun, hati saya bergetar, tak sadar saya menitikkan air mata , kagum dan hormat kepada warga Muhammadiyah Samalanga  Bireun, warga yang sempat saya kunjungi, dan sempat saya dengar keluh kesahnya, dan teringat bisik seorang tua renta warga Muhammadiyah Samalanga yang mengatakan “Nak, bantu kami ya, kami mau ada Masjid Taqwa disini, dan akan  terus berjuang”.

Adakah aku sebagai anak muda menyimpan api jihad dan perjuangan seperti mereka? Atau jangan-jangan aku hanya disibukkan dengan masalah kepentingan diri sendiri. Kepentingan politik-politikan pilkada, kepentingan politik-politikan KPU-Bawaslu, atau kepentingan jangka pendek lainnya, meninggalkan Ruhul ikhlas dan ruhul jihad berIslam dan berMuhammadiyah. Tengoklah mereka. Nin. Berkacalah kepada mereka Nin. Gumam ku.

Warga Muhammadiyah Samalanga, Bireun, Nangroe Aceh Darussalam, membangun kembali Fondasi Masjid yg dulu sempat dibakar, oleh sekelompok orang yang tidak siap berbeda, dan pembakarnya belum ditangkap sampai sekarang oleh Polisi  meski warga tahu siapa pelakunya. Bahkan, ketika sedang melakukan gotong royong mereka sempat didatangi Muspika Samalanga yang meminta kerja dihentikan, namun bapak-bapak Muhammadiyah menolak dan tetap melanjutkan gotong royong, karena pembangunan sudah mendapat IMB dan Izin lainnya.

Untuk menghindari kembali dibakar, warga @muhammadiyah cabang samalanga berjaga malam, secara bergantian dan InsyaaAllah besok hari kembali bergotongroyong membangun Masjid yang mereka cita-citakan.

Saya kagum dengan militansi warga Muhammadiyah Samalanga.

Bapak-bapak bergotong royong membangun kembali Masjidnya dibawah ancaman pembunuhan dan perusakan, sementara Ibu-Ibu Aisyiyah bergotong royong menyediakan makanan dan Minuman, karena mereka minoritas disana, maka jangan berharap politisi datang ikut mendukung dan melindungi mereka secara politik, saya dari jauh akan terus mengawal dan memastikan hak-hak warga Muhammadiyah disana terlindungi.


Salam
Dahnil Anzar Simanjuntak

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here