Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Tim Bponik UAD Raih HKTI Award Kategori Inovator Muda (Young Innovator) Tahun 2018

JAKARTA — Pengembangan inovasi dan teknologi merupakan salah satu perhatian Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dalam memberdayakan petani dan mengembangkan pertanian Indonesia. Melalui ajang penghargaan karya inovasi ini, HKTI ingin mengapresiasi para inovator di berbagai sektor pertanian, yang karya inovasinya memberikan manfaat besar bagi pengembangan pertanian, meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat, serta memberikan solusi menghadapi tantangan yang semakin besar.

Inovasi teknologi lain datang dari mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta. Mereka membuat Bponik (Bluetooth Untuk Pemantauan Dan Pengendalian Hidroponik), alat untuk pengontrolan dan monitoring hidroponik berbasis smartphone. Platform ini dapat membantu para petani yang menanam secara hidroponik bisa menetapkan jadwal kontrol tanaman secara lebih baik.

Penggunaan pun cukup mudah karena Bponik hanya diletakkan di dalam green house dan kemudian alat akan bekerja sendiri tanpa petani harus mengecek setiap hari untuk mengetahui kadar keasamannya (pH).

“Ide pembuatan awal dari keluhan petani hidroponik khususnya di mitra kami Damar Hidrofarm yang selalu mengeluhkan kesusahan dalam memonitoring pH, suhu air, dan kontrol suhu udara green house,” ujar Yusuf, salah satu mahasiswa penggagas Bponik. Para mahasiswa optimistis teknologi Bponik ke depan akan semakin dibutuhkan seiring dengan tren bertanam secara hidroponik yang terus meningkat.

Petani hidroponik kini digeluti oleh masyarakat urban yang sangat tanggap teknologi sehingga Bponik akan menjadi pilihan. Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Innovation Award Avanti Fontana menyatakan, pihaknya mendorong berbagai inovasi TI di bidang pertanian yang mampu mendorong nilai sosial dan ekonomi petani.

HKTI sebagai jembatan juga untuk mereka bertemu pemerintah ataupun stakeholder yang sesuai. “Sekalipun sosial bisa dilihat dari tingkat ekonominya, masyarakat yang aman pangannya terjamin kebutuhan pangan tentu akan menjadi lebih produktif. Kalau sudah produktif, tentunya akan menghasilkan ekonomi yang lebih banyak dan itu nanti bisa dihitung,”.

Alhamdulillah Tim Bponik yang terdiri dari : Vernandi Yusuf Muhammad (Teknik Elektro), Mar’atul Husna (Teknik Kimia), Yenny Rahmawati (Teknik Elektro), Muhammad Annas (Teknik Elektro), Ponco Sukaswanto (Teknik Elektro) dan, Rifa’ Atul Hanifa (Manajemen). dengan dosen pembimbing Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D. Meraih Kategori Inovator Muda (Young Innovator).

Pada pameran Asian Agriculture & Food Forum (ASAFF) 2018, juga mendapat kunjungan dari Presiden Joko Widodo, Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Kemudian berkesempatan untuk meninjau stan produk – produk pertanian yang dipamerkan. Dan salah satunya stan produk pertanian karya mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Bponik. /(ns)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here