Cinta Sebagai Pelengkap Hati Dalam Kehidupan

0
21

Eko Harianto*

Tulisan ini merupakan bagian dari tulisan yang sudah ada sebelumnya (mediamu.id-28 Jun 2018). Dalam kehidupan –selain hati–, cinta memiliki peranan penting. Dan bila berbicara yang namanya cinta tentu akan memiliki banyak arti. Karena setiap manusia yang hidup dan menggunakan pikirannya pasti memiliki arti masing-masing tentang cinta. Tentu juga akan berbeda dengan arti cinta yang saya miliki.

Masalah cinta pada bahasan kali ini ialah masalah cinta antar manusia. Berbicara tentang cinta, tidak pernah ada larangan, agama yang ada di dunia ini memberikan pengajaran tentang cinta. Dalam diri setiap manusia mempunyai kebutuhan untuk mencintai dan dicintai. Bila tidak ada rasa cinta dalam kehidupan kita, maka dunia tempat kita berpijak juga tidak akan rukun dan hanya dikuasai rasa permusuhan dan berprasangka buruk.

Sebab dalam cinta, mampu untuk memberikan motivasi yang membangun bagi manusia. Tidak akan ada lagi suatu rasa yang dapat memotivasi selain rasa cinta dan bahagia. Cinta diibaratkan cahaya, bukan pencetus masalah dan pembawa derita. Tidak akan ada alasan dan kata-kata yang dapat diberikan kepada orang yang tidak pernah mengalami jatuh cinta, yang dapat melukiskan tentang pengalaman cintanya. Dan pengalaman cinta itu bersifat kasih sayang dengan penuh kegembiraan, kebahagiaan, kepuasan, kebanggaan bahkan perasaan yang meluap.