News

News

MediaMU.COM

Apr 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal Saat Ariswan Jelaskan Keberkahan Ramadhan dan Perjalanan Spiritual Melalui Muhammadiyah Maksimalkan Potensi Kemajuan Muhammadiyah, Haedar Nashir Seru Massifkan Dakwah via Sosmed Mau Mudik Aman dan Nyaman? Inilah Titik Lokasi Posko Mudikmu Aman 2024 di DIY Mudik Nyaman, PWM DIY Buka Posko Mudikmu Aman 2024 Dosen UMY Jadi Desainer Indonesia Global Halal Fashion Inilah Tiga Hal yang Mesti Dimiliki Kepala Sekolah Muhammadiyah

Bersaing dengan Ratusan Negara, MDMC Berhasil Juarai Kompetisi Poster Internasional di Amerika

SAN DIEGO — Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) berhasil meraih juara 1 dalam kompetisi poster internasional di San Diego, Amerika Serikat pada Sabtu (14/7).

Kompetisi yang diselenggarakan dalam rangka Konferensi Pengguna Geographic Information System (GIS) ini dihadiri 18.000 peserta dari 100 negara. Sedangkan untuk kompetisi Map Gallery diikuti 1075 peserta. Dan dalam hal ini MDMC diwakili oleh Ahmad Muttaqin Alim dan tim.

Pemenang dibagi dalam beberapa kategori, kategori people’s choice berdasarkan voting yang dimenangkan oleh MDMC dengan lebih dari 400.000 vote.

Dihubungi terpisah, Ketua MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah Budi Setiawan menyampaikan bahwa penggunaan teknologi informasi dalam kebencanaan menjadi sebuah keniscayaan.

“MDMC meskipun belum secara menyeluruh menggunakan teknologi tersebut, sudah sangat merasakan manfaatnya. Apalagi dengan berkembang nya teknologi GIS (Geographic Information System) dapat secara cepat mengetahui adanya bencana alam secara dini dan akurat,” jelas Budi.

Demikian juga dengan teknologi informasi spasial, maka titik lokasi secara cepat dapat diketahui.

“Lokasi yang dimaksud bukan hanya lokasi bencana, tetapi juga lokasi tempat-tempat vital, serta titik pergerakan relawan beserta data. Sehingga koordinasi dan komunikasi bisa dilakukan dengan cepat, ” imbuh Budi.

Untuk itu, dengan keikutsertaan MDMC dalam pengiriman poster pada Konperensi Pengguna GIS di San Diego ini telah menunjukkan kesiapan MDMC untuk menggunakan teknologi yang berkemajuan tersebut.

Dengan perolehan ini Budi juga berharap dan mendorong kerjasama MDMC dengan  perguruan tinggi untuk penggunaan teknologi informasi spasial, dan pembuatan POS Koordinasi berbasis GIS.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here