News

News

MediaMU.COM

Apr 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius

Mahasiswa UMY Temukan Obat Kanker Payudara Minim Efek Samping

YOGYAKARTA — Kanker masih menjadi momok yang menakutkan bagi orang orang di seluruh dunia. Pada tahun  2015, sekitar 8,8 juta nyawa melayang yang disebabkan oleh penyakit kanker. Lalu, perempuan menjadi korban paling banyak dari keganasan salah satu penyakit kanker, yaitu kanker payudara. Sampai  saat  ini  terapi  kanker  payudara  masih  pada  kemoterapi, radiasi  dan  operasi yang memiliki efek samping cukup besar. Untuk itu, 4 orang mahasiswa jurusan Farmasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) membuat obat kanker payudara yang sangat efektif dan mimim efek samping.

Adalah Siska Febdian Nitami, Anita Dessy Setiawati, dan Larasati Azzahra Sasmito 4 orang mahasiswa UMY yang menciptakan terobosan baru dalam dunia pengobatan di Indonesia. Siska menjelaskan bahwa metode pengobatan yang selama ini dipakai untuk menyembuhkan kanker payudara berupa obat-obatan kimia, radiasi maupun operasi yang memiliki efek samping cukup besar. Untuk itu, Siska bersama dengan rekan – rekannya menciptakan terobosan baru berupa Tablet CaCi yang terbuat dari bahan alami. “Obat ini kami buat supaya penderita kanker payudara tidak mengalami efek samping setelah berobat,” ujarnya saat ditemui di ruang Biro Humas dan Protokol Gedung A.R Fachrudin UMY pada, Senin (16/7).

Dalam pembuatan dan pengembangannya diharapkan tablet CaCi ini mampu menjadi solusi dalam terapi pada pasien kanker payudara yang murah dan minim efek samping. Tablet CaCi ini dengan bahan aktif kulit jeruk dan daun teh dan kemudian diuji dengan berbagai metode penelitian seperti uji KLT, Molecular Docking, Sitotoksik, Antioksidan, serta Formulasi Tablet. Dengan metode-metode ini membuktikan bahwa ekstrak daun teh dan kulit jeruk memiliki efektivitas sebagai agen ko-khemotrapi. Melalui penelitian ini, diharapkan kedepannya kombinasi ekstrak etanolik kulit jeruk mandarin dan daun teh dapat dimanfaatkan dan dieksplorasi lebih luas lagi penggunaannya khususnya untuk pencegahan maupun pengobatan kanker payudara.

Siska pun berharap, dengan lolosnya penelitian yang ia kerjakan bersama dengan teman – temannya di tingkat nasional dan mendapatkan dana hibah dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ristekdikti) untuk menunjang penelitian kedepannya. “Kami akan terus melanjutkan penelitian Caci ini, agar kedepannya menjadi lebih sempurna lagi,” tambahnya. (ak)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183
Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here