Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

UMY Lepas Mahasiswa untuk KKN di Dalam dan Luar Negeri

BANTUL — Dalam rangka melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengembangan serta pengabdian pada masyarakat, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melepas 3.152 mahasiswa untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Sportorium Kampus Terpadu UMY, Rabu (18/7/2018).

Sebagai bentuk pengabdian masyarakat periode 2018/2019, ribuan mahasiswa UMYyang melaksanakan KKN disebar di pulau Jawa hingga luar negeri.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr Ir Sukamta, MT, IPM, mengatakan, KKN periode kali ini akan ditempatkan pada 10 kabupaten dan di Singapura serta Filipina. “Kali ini kami mengirimkan ribuan mahasiswa untuk KKN di berbagai daerah,” kata Sukamta.

Untuk di pulau Jawa meliputi Kabupaten Pemalang, Purbalingga, Kebumen, Purworejo, Boyolali, Kulonprogo, Gunung Kidul, Sleman, Klaten, dan Bantul.

Selain itu ada 14 mahasiswa yang akan melakukan pengabdian masyarakat bersama dengan mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia di Kabupaten Purbalingga. Selama 1 bulan mahasiswa akan berinteraksi di tengah masyarakat.

Untuk itu, mahasiswa dituntut untuk beradaptasi dan memberikan perubahan yang signifikan bagi lokasi KKN mereka. Kemudian, mahasiswa juga harus bisa menjadi sosok panutan, baik secara tingkah laku maupun perbuatan.

Selama sebulan mahasiswa UMY harus bisa menjadi penggerak di tengah masyarakat. “Selain itu, segala perangai harus bisa menjadi panutan bagi masyarakat,” imbuh Sukamta.

Sementara itu, Prof. Dr. Haryono Suyono, MA, Ph.D sebagai Ketua Pakar Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, menyampaikan pesan kepada seluruh mahasiswa yang akan diterjunkan dalam program KKN.

“Kemampuan diri sendiri harus ditonjolkan dan jangan pernah untuk ragu ketika hendak menyampaikan gagasan,” kata Haryono Suyono.

Selain itu, dikatakan Haryono Suyono, harus percaya kepada teman. “Karena ketika tidak ada rasa percaya antaranggota kelompok, maka akan terjadi kekacauan,” kata Haryono Suyono, yang menambahkan mahasiswa perlu menjaga nama baik almater dan menjaga tingkah laku setiap pribadi.

Kegiatan pelepasan mahasiswa KKN UMY, diakhiri peluncuran sistem baru bernama Sistem Informasi Mahasiswa (SIM) yang berfungsi untuk mendaftar, memberikan laporan KKN dan mencetak sertifikat KKN secara  online. Dan sistem ini dapat dikses oleh mahasiswa mulai tahun 2019 melalui kkn.umy.ac.id. (affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here