Profil

Profil

Profil

Mar 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Kasman Singodimejo: Singanya Ada di mana-mana (Bag 1)

Prof. Dr. Mr. Kasman Singodimejo adalah tokoh Muhammadiyah kelahiran Purwokerto Jawa Tengah 1904. Dikenal sebagai tokoh yang hidupnya sederhana, suka berterus terang dan pemberani.

“Namanya memang Singodimejo tetapi kenyataannya dia singa dimana-mana . Dan singanya itu muncul pada saat yang tepat”, kata Mr.Muhammad Roem, kawan dekat beliau sejak muda.

Dalam buku biografinya berjudul: “Hidup itu Berjuang” diceritakan singanya Pak  Kasman yang muncul pada saat  yang tepat itu.

Pada zaman Orde Lama Pak Kasman dijebloskan dalam tahanan karena intrik PKI. Dia diminta mengakui mengadakan rapat gelap untuk gerakan makar atau menggulingkan pemerintah yang sah.

Pak Kasman menolak karena memang tidak melakukannya. Lalu untuk membenarkan tuduhan, maka dikonfrontir dengan Nasuhi, tahahan lain.

“Bukankah Letkol Nasuhi malam itu menjemput Pak Kasman lalu membawanya ke Tangerang?”, kata pemeriksa.

Nasuhi diam, tidak menjawab. Pertanyaan itu diulang lagi. Nasuhi tetap diam.  “Awas! Letkol Nasuhi, di proses verbal Anda telah menandatanginya” Penyidik mulai menggertak. Namun Nasuhi tetap diam.

Suasana senyap.  Kemudian Pak Kasman minta izin bicara: “Bismillahir Rahmanir Rahim. Nasuhi kamu kan percaya kepada Allahu Akbar, Allah yang Maha Besar. Jawablah secara jantan. Kamu kan laki-laki. Allah sebagai saksi. Jawablah dengan lantang supaya jelas kedengaran” kata Pak Kasman dengan tegas.

Rupanya ucapan Pak Kasman ini berpangaruh kepada Letkol Nasuhi.  Nasuhi menjawab:”Saya terpaksa menandatangani proses verbal. Tetapi kejadian yang sesungguhnya tidak seperti di proses verbal itu”, kata Nasuhi.

Pak Kasman segera menyambung:  “Nah itulah tuan-tuan keadaan yang sebenarnya. Saya sebagai bekas Jaksa Agung, bekas Kepala Kehakiman Militer, bekas Menteri Muda Kehakiman tahu persis semua ini tidak sah”.

Pak Kasman lalu berdiri. Dibuangnya kursinya jauh ke belakang.  Tangannya diangkat lalu berteriak sangat keras sambil matanya melotot. “Percuma pemeriksaan semacam ini! Silakan tuan-tuan cabut pistol. Tembak saya! Tembak saya! Tembak! Tembak! teriaknya. Petugas pemeriksa itu gagal memaksa Pak Kasman mengakui tuduhan. Singanya keluar pada saat yang tepat.

Peristiwa lain, suatu hari Pak Kasman berceramah di Ternate. Selesai dari Ternate Pak Kasman harus menyeberang ke Bitung memenuhi undangan di sana. Ketika sampai di tepi laut tiba-tiba cuaca berubah. Angin besar, ombak laut meninggi.

Pemilik perahu biasanya tidak berani berlayar, menunggu cuaca normal kembali. Tetapi tidak tahu pasti kapan cuaca normal itu akan terjadi.  Di tengah ketidak pastian, ketika cuaca sudah sedikit membaik, Pak Kasman keluar singannya. “Apakah ada nakhoda Muslim yang percaya bahwa hidup dan mati itu di tangan Allah? Siapakah yang berani mengantarkan saya dalam keaadan begini ke Bitung?” teriak Pak Kasman.

Teriakan itu menularkan keberanian kepada para pemilik perahu. Beberapa orang mengacungkan tangan. Namun karena hanya dibutuhkan satu perahu, maka Pak Kasman memilih salah satu dan berterima kasih kepada yang lain. “Kalian juga sudah mendapat pahala” kata  Pak Kasman kepada mereka.

Itulah Kasman Singodimejo. Singanya bisa muncul di mana-mana pada saat yang tepat. Pada saat biasa Pak Kasman adalah orang lembut hati.

Selain keberanian, ada dua pesan penting yang menarik dari Pak Kasman kepada kita. Apa dua pesan penting itu? Kita bicarakan Jumat depan.


Nur Cholis Huda: Wakil Ketua PWM Jatim

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here