News

News

MediaMU.COM

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Cahyono Beberkan Dua Kunci Masjid yang Makmur, Apa Saja? Back to Masjid, Lazismu RS PKU Yogya - Gamping Tasyarufkan 35 Juta kepada Masjid se-DIY Haedar Nashir: Tauhid Tak Hanya Hubungan dengan Tuhan, Tapi Juga Manusia Di Pengajian Ramadhan PWM DIY, Busyro Muqoddas Telisik Peran Kebangsaan Muhammadiyah Pesantren Ramadhan Upaya Meningkatkan Iman Dan Taqwa Serta Pendidikan Berkualitas Ramadhan untuk Semua, Lazismu Pakem Berbagi Takjil dengan Anak-Anak Panti Asuhan Ramadhan Bulan Kaderisasi, PCPM Gamping Ajak Muda-mudi Bukber dan Silaturahmi Dalam Pengajian Ramadhan PWM DIY, HM Riduwan Uraikan Cara Bangkitkan Ekonomi Jamaah   Dukung Dakwah Persyarikatan, 3 BUMM Serahkan Dana Dakwah ke PWM DIY "Maos Quran Sesarengan" ala AMM Sewon Selatan Meriahkan Bulan Ramadhan Syafiq Mughni Paparkan Enam Prinsip Dakwah Muhammadiyah Tri Hastuti: Gerakan Praksis 'Aisyiyah, Wujud Keberpihakan Pada Kelompok Marginal Hamim Ilyas: Misi Islam Rahmatan Lil Alamin Harus Diemban Umat Ahmad Ghojali:  Mencetak Kader Tak Hanya Lewat AUM, Tapi Juga Keluarga Dalam Penanganan Banjir Demak, MDMC Fokus Evakuasi dan Bantu Dapur Umum Wujudkan Keteladanan Pimpinan, Lazismu DIY Luncurkan Program Infaq Teladan Berdirinya 'Aisyiyah: Organisasi dan Habitus Baru di Indonesia Tingkatkan Kualitas Layanan, MPKS Adakan Bimtek Sertifikasi Penyelenggara Kesejahteraan Sosial MDMC Dipercaya Danone untuk Salurkan Dana Bantuan Bagi Korban Banjir di Jawa Tengah Pengajian Ramadan 1445H Pimpinan Pusat 'Aisyiyah Perkuat Perjalanan Dakwah Kemanusiaan

MDMC PP Muhammadiyah dan PCIM Maroko Tanggapi Gempa Maroko dengan Bentuk Tim Bantuan Kemanusiaan

MAROKO-Dari belahan dunia lain, tepatnya di Maroko, gempa bumi melanda kawasan tersebut dengan kekuatan 6.8 SR pada Jumat, 8 September 2023. Setidaknya, ada 1.832 jiwa mengalami luka dan sekitar 2.012 orang meninggal dunia.

Dengan cepat tanggap, Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) bersama Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Kerajaan Maroko, merespon bencana alam tersebut dengan membentuk tim guna membantu masyarakat Maroko selama 14 hari masa darurat pasca-gempa. Tim ini nantinya berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Maroko dan Hilal Ahmar di Provinsi Chichaoua.

“Dalam rangka memberikan bantuan kemanusiaan yang efektif dan tepat waktu, PCIM Maroko berencana untuk mengoperasikan tim bantuan selama 14 hari dalam fase tanggap darurat,” kata Jundi Abdurrahman, anggota PCIM Maroko,  pada Ahad (10/9). 

Dalam kerja-kerja kemanusiaannya, tim respon cepat membantu pendistribusian kebutuhan dasar, makanan, air bersih, dan perlengkapan kesehatan kepada para korban gempa. Tim ini juga berfokus pada program bantuan dan dukungan pada kelompok rentan seperti ibu hamil, ibu menyusui, bayi, balita, lansia, dan disabilitas.

Sementara itu, Budi Setiawan, Ketua MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah, menginformasikan bahwa MDMC juga sedang menjalin komunikasi bersama lembaga kemanusiaan lain dan juga pemerintah untuk bisa merespon bencana alam di Maroko.

MDMC sedang melakukan analisa dan mencoba menjajaki sejauh mana bisa berperan dalam membantu meringankan beban warga Maroko yang menjadi korban. Bersama PCIM Maroko, kata budi, sedang melakukan kajian cepat dan tepat untuk menentukan bantuan yang efektif di lokasi terdampak.

 Dalam keterangannya, Budi juga menyampaikan duka yang mendalam atas musibah yang terjadi. “Sebagai warga yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan, kami menyampaikan rasa duka dan empati yang mendalam atas musibah di Maroko,” ujarnya.

Diketahui, gempa bumi dirasakan hampir diseluruh bagian negara Maroko termasuk Provinsi Al-Haouz, Taroudant, Chichaoua, Ouarzazate, Marrakech, Azilal, Agadir, Casablanca dan Youssoufia. Adapun korban terbanyak 694 jiwa meninggal dunia berasal dari Provinsi Al-Haouz. Sejauh ini proses evakuasi sedang berjalan, kemungkinan jumlah korban yang akan bertambah seiring belum terevakuasinya beberapa area.

 

Berita ini disadur mediamu.com dari muhammadiyah.or.id dengan artikel berjudul Respon Gempa Bumi Maroko, MDMC PP Muhammadiyah dan PCIM Maroko Bentuk Tim Lapangan

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here