Kesehatan

Kesehatan

MediaMU.COM

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
RS PKU Bantul Raih Penghargaan RS Swasta Terbaik Program Penanggulangan Tuberkulosis Oleh Dinkes DIY Inilah Manfaat Bekam dalam Meningkatkan Imunitas Tubuh Tempuh Jarak Hingga 20 Km, Kurir Pos Indonesia Siap Antar Obat RS PKU Yogya ke Pasien Antar Obat ke Pasien, RS PKU Muhammadiyah Yogya Luncurkan FAST MENTARI Clubfoot: Upaya MPKU PP Muhammadiyah Optimalkan Penyembuhan Kaki Pengkor Seminar Cegah Stunting RS PKU Yogya: Berat Bayi Rendah Harus Diperhatikan Kopdar AmbulanMu DIY: Wadah Silaturahmi dan Menguji Kecakapan Relawan Milad ke-111 Muhammadiyah, RS PKU Muhammadiyah Sleman Dilaunching RS PKU Kota Yogya Adakan Jalan Sehat, Kampanyekan Risiko Kelahiran Prematur   PDM Langkat Gandeng Berbagai Pihak Selenggarakan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan Sehat dalam Genggaman Tangan Kecil dari RS PKU Muhammadiyah Bantul Atasi Stunting, KL Lazismu Kotagede Gandeng Puskesmas dan BKKBN DIY RSU PKU Muhammadiyah Bantul Mampu Bersaing Secara Nasional dan Internasional Pastikan Penanganan Cedera Atlet Benar, LPO PP Muhammadiyah Adakan Workshop Penanganan Cedera Olahraga Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, RS PKU Bantul Gelar Lomba Cuci Tangan dan Ice Breaking Tim EMT PKU Muhammadiyah Bantul Berlatih Penanganan Bencana Gempa Bumi Layanan Kesehatan Gratis Jadi Kontribusi Kongkret Mahasiswa tarjih Muhammadiyah Pada Masyarakat Gandeng Kemenkes RI, PP Muhammadiyah Mulai Program Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan Generasi Muhammadiyah UAD Juara Pertama PCTA 2018 Kementerian Pertahanan RI Tapak Suci UAD Yogyakarta Selalu Meraih Juara

Semarak Idul Adha 1439 Hijriyah di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

SLEMAN — Di hari kedua Idul Adha ini, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta selalu semarak dalam menyambut ibadah kurban. Demikian pula yang diadakan pada tahun 2018 ini.

Kali ini, sebanyak 9 ekor lembu (1 ekor lembu dari BSM), 28 ekor kambing didistribusikan ke desa-desa binaan dan 7 ekor kambing disembelih untuk masyarakat. Atau, sebanyak 1.000 bungkus seberat 6 ons daging dibagikan kepada pihak yang berhak dan membutuhkan.

Sama dengan tahun-tahun yang lalu, pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada hari ke dua dengan mengambil lokasi di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Jl. Wates Km 5,5 Gamping, Sleman.

Sehari sebelumnya dilakukan safari bakti sosial ke berbagai wilayah di DIY dengan menyerahkan hewan qurban kepada masyarakat setempat. Tak terkecuali mengirim hewan qurban 1 ekor lembu ke Lombok melalui Lazismu. “Itu merupakan bentuk nyata hubungan yang erat antara RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dengan masyarakat luas,’’ kata dr H Mohammad Komarudin, Sp.A, Dirut RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Kamis (23/8/2018).

Pemberian hewan qurban kepada masyarakat tersebut, seperti disampaikan dr HM Komarudin, Sp.A, juga merupakan agenda rutin yang sudah berjalan sejak tahun-tahun sebelumnya. “Dan terus akan dilakukan pada tahun-tahun mendatang,” tandas Komarudin.

Sementara itu, Direktur Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, HM Isnawan, SE, MPH, menambahkan, kebersamaan dan keakraban akan terbentuk dengan melakukan kegiatan ibadah qurban ini, baik antarsesama pegawai RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta maupun masyarakat luas.

Acara penyembelihan hewan qurban yang dimulai pagi pukul 08.00 WIB dan berakhir menjelang sore waktu Ashar itu, diakhiri dengan pendistribusian daging qurban kepada abang becak, tukang parkir, pedagang kaki lima, buruh harian, dan masyarakat sekitar RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping.

Sementara itu, Roni Irawan, Branch Manager Bank Syariah Mandiri KCP Kaliurang, mengatakan, Bank Syariah Mandiri (BSM) bekerjasama dengan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan penyembelihan dan penyaluran hewan kurban dalam Idul Adha 1439 Hijriyah.

Sejak tujuh tahun lalu, BSM dan Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) mendistribusikan hewan kurban ke seluruh wilayah DIY. “Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian manajemen kepada nasabah dan masyarakat,” kata Roni Irawan, yang menambahkan penyerahan hewan kurban untuk amal usaha Muhammadiyah (AUM) di Area Yogyakarta meliputi 4 ekor sapi dan 5 ekor kambing dan penyerahan hewan kurban di Area Yogyakarta secara keseluruhan total ada 7 ekor sapi dan 110 ekor kambing.

Apa yang disampaikan Roni Irawan ditanggapi Dirut RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, beberapa tahun ini pihaknya sudah beberapa kali menjalankan kerjasama dengan BSM. “Saya berharap, ke depan kegiatan sosial dari BSM bisa teraplikasi dalam berbagai kegiatan,” papar dr H Mohammad Komarudin, Sp.A.

Bagi Roni Irawan, program ini merupakan salah satu bentuk apresiasi BSM kepada masyarakat yang telah memercayakan BSM sebagai mitra keuangan, yang dapat memberikan solusi dan manfaat.

Ditambahkan Roni, BSM telah mengimplementasikan berbagai kegiatan CSR: bantuan bencana alam, bantuan pendidikan dan pelatihan, bantuan sarana ibadah, bantuan sosial-kemasyarakat, dan lain-lain.

Divisi Bina Dakwah RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Umar Said Prawoto, S.Ag, menyampaikan, penyerahan hewan kurban yang bertepatan dengan jatuhnya HUT Kemerdekaan RI ke-73 dan usia Muhammadiyah yang ke-109, menandakan Muhammadiyah selalu berupaya untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

“Sebuah hal yang baik dan diharapkan adalah ketika mempunyai umur panjang dan semakin baik amalnya,” tutur Prawoto, yang menambahkan dengan keberadaan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta ini mampu menjadikan semangat yang dimiliki Muhammadiyah untuk tergerak dan berbuat untuk masyarakat terus terjaga.

“Adapun yang dilakukan Muhammadiyah selama ini bukanlah sekadar yang disampaikan melalui berbagai kegiatan, namun berupa amal nyata,” kata dr HM Komarudin, SpA, yang menambahkan Kiai Dahlan tidak membesarkan organisasi yang telah melampaui 1 abad ini hanya dengan memberikan ceramah, tapi dengan amal yang nyata. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here