Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 23, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Semarak Idul Adha di FKIP UAD Yogyakarta

YOGYAKARTA — Dalam momentum Idul Adha 1439 Hijriyah ini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta membagikan hewan kurban berupa 3 ekor sapi dan 24 ekor kambing, hasil dari iuran mahasiswa dan dosen.

Sebagaimana dikatakan Wakil Dekan FKIP UAD Yogyakarta, Dr Suparman, M.Si, DEA, penyerahan hewan kurban yang bertepatan dengan jatuhnya usia Muhammadiyah yang ke-109, menandakan FKIP UAD Yogyakarta selalu berupaya untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. “Sebuah hal yang baik dan diharapkan adalah ketika mempunyai umur panjang dan semakin baik amalnya,” tutur Dr Suparman, MSi, DEA, Wakil Dekan FKIP UAD Yogyakarta, yang berharap, dengan keberadaan UAD Yogyakarta ini mampu menjadikan semangat bagi UAD Yogyakarta untuk tergerak dan berbuat untuk masyarakat terus terjaga.

“Adapun yang dilakukan UAD Yogyakarta selama ini bukanlah sekadar yang disampaikan melalui berbagai kegiatan, namun berupa amal nyata,” kata Dr Suparman, MSi, DEA, yang menambahkan Kiai Dahlan tidak membesarkan organisasi yang telah melampaui 1 abad ini hanya dengan memberikan ceramah, tapi dengan amal yang nyata.

Dalam momentum Idul Adha kali ini, menurut Dr Suparman, FKIP UAD Yogyakarta memberikan hewan dan daging kurban kepada masyarakat dan daerah binaan serta warga dhuafa.

Hari kedua Idul Adha ini, sebagaimana  tahun-tahun sebelumnya, FKIP UAD Yogyakarta selalu semarak dalam menyambut ibadah qurban. Demikian pula yang diadakan pada tahun 2018 ini, daging lembu dan kambing didistribusikan ke warga binaan UAD Yogyakarta dan kepada kaum dhuafa serta yang membutuhkan.

Ibadah kurban, menurut Dra. Alif Muarifah, PhD, Kaprodi PG PAUD, sudah selayaknya dijadikan sebuah momentum untuk mengingatkan kembali diri kita. “Hidup ini takkan pernah sepi dari proses perjuangan dan pengorbanan,” kata Alif Muarifah.

Oleh karena itu, kita dituntut untuk selalu berjuang dan berkurban dengan apa yang kita miliki.

Bagi Alif, penyembelihan hewan kurban tidak hanya berhenti pada rutinitas ritual serta sarana dan alat penyembelihan semata. “Namun juga yang lebih utama lagi adalah mencari makna substansi dari kurban yang selanjutnya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Alif, yang menambahkan betapa agung dan pentingnya makna berkurban.

Alif juga berharap, kurban yang merupakan salah satu ritual keagamaan di FKIP UAD Yogyakarta ini, dapat memberikan manfaat bagi UAD sebagai sebuah institusi maupun masyarakat.

Sehari sebelumnya dilakukan safari bakti sosial ke berbagai wilayah di DIY dengan menyerahkan hewan qurban kepada masyarakat setempat.

“Itu merupakan bentuk nyata hubungan yang erat antara UAD Yogyakarta dengan masyarakat luas,’’ kata Dholina Inang Pambudi, M.Pd, Kamis (23/8/2018).

Menurut Dholina, pemberian hewan dan daging qurban kepada masyarakat tersebut juga merupakan agenda rutin yang sudah berjalan sejak tahun-tahun sebelumnya. “Dan terus akan dilakukan pada tahun-tahun mendatang,” papar Dholina Inang Pambudi.

Pada Idul Adha tahun 2018 ini, Pendidikan Biologi dengan 3 ekor kambing disumbangkan ke desa Serut, Gedangsari, Gunungkidul. Pendidikan Fisika berupa 3 ekor kambing dikirim ke Gedangsari, Gunungkidul, ditambah 86 paket sembako.

Untuk Pendidikan Matematika berupa 4 ekor kambing ditambah 25 paket baksos dan 5 tanki air dikirim ke dusun Klepu, Hargosari, Tanjungsari, Gunungkidul. Dan untuk Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) kirim 3 ekor kambing ditambah sembako, pakaian, dll ke SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang, Kulonprogo.

Untuk Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) kirim 2 ekor kambing dan adakan bakti sosial di Desa Bulu, Gedangsari, Gunungkidul. Bimbingan Konseling (BK) berupa 6 ekor kambing diberikan ke Melikan, Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul.

Sedangkan PPKn berupa 2 ekor kambing disampaikan ke masyarakat Dusun Nglegi RT 08/09 Patuk, Gunung Kidul. Dan PGSD berupa 2 ekor sapi dibagikan kepada masyarakat sekitar Kampus 5 UAD Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta dan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) — Sekolah Laboratorium UAD —  Wonosobo, Tanjungsari, Gunungkidul.

Selain itu, PGPAUD UAD kirim 1 ekor sapi ke Dusun Sidomulyo, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here