MediaMU.COM

MediaMU.COM

Portal Islam Dinamis Berkemajuan

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

MDMC Masuk PBB di New York

YOGYAKARTA — Wakil Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah atau MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) PP Muhammadiyah, Rahmawati Husein, terpilih menjadi anggota Central Emergency Response Fund (CERF) advisory PBB yang bermarkas di New York.

Kita ketahui, CERF yang merupakan salah satu mekanisme pool fund yang difasilitasi OCHA ini, mengelola dana tahunan sebesar USD 450 juta.

Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB atau yang dalam bahasa Inggris disebut Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA) adalah sebuah kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dibentuk pada Desember 1991.

Jelas, ini merupakan posisi yang prestisius dan strategis di dunia humanitarian internasional. Yaitu, untuk mengawasi penggunaan dana kemanusiaan yang terkumpul melalui Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“Jadi saya akan rapat di New York setahun empat kali,” ungkap Rahmawati, MCP, PhD, yang sering dipanggil mbak Ama dalam grup komunikasi MDMC PP Muhammadiyah.

Jabatan mbak Ama ini sangat lengkap: Wakil Ketua MDMC PP Muhammadiyah, MLHPB PP Aisyiyah, unsur pengarah BNPB, anggota penasihat Kepala Kantor Kepresidenan Republik Indonesia dan kini bertambah CERF Advisory Member PBB.

Belum lagi, ia masih sangat aktif mengajar sebagai dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  (UMY).

Mbak Ama ini adalah relawan yang lengkap, praktisi sekaligus akademisi. S1 Sastra Inggris, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, S2 Management Perkotaan, University of Cincinnati, USA, S3 Management Bencana, University of Texas.

Pendidikan doktoral terkhusus bidang manajemen bencana, didapatkannya di Texas. Sementara, pengalaman kebencanaannya, sudah sangat banyak, baik nasional maupun internasional.

Bekerja di lapangan maupun berbicara di forum internasional amat piawai dilakoninya. Sesungguhnya kita akan mengulas lengkap biodata mbak Ama, tapi hal itu akan sangat panjang lebar.

Kalau kita baca CV tertulisnya, akan menghabiskan waktu cukup lama karena berlembar-lembar. Jika ingin melihat aktivitas mbak Ama, ayo klik link FBnya ini: https://www.facebook.com/rahmawati.husein.7

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here