News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim

PWM DIY Gelar Muhammadiyah Jogja Expo #1

YOGYAKARTA — Dalam rangka mengenalkan Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kepada masyarakat, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY akan menggelar Muhammadiyah Jogja Expo (MJE) di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 5-7 Oktober 2018.

Kegiatan pesta terbesar Muhammadiyah DIY, kali pertama yang diadakan PWM DIY itu, merupakan pameran yang diikuti amal usaha Muhammadiyah (AUM) se-DIY. Dan diharapkan, masyarakat luas mampu mengenal Muhammadiyah DIY dengan baik.

Muhammadiyah Jogja Expo #1 akan diikuti Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Wirobrajan, Kotagede, Umbulharjo, Mantrijeron, Piyungan, Pleret, Dlingo, Imogiri, Sleman, Minggir, Prambanan, Depok, Gedangsari, Semin, Nglipar, Ponjong.

Selain itu juga diikuti PCM Dekso, Wates Selatan, Galur, dan Sentolo.

Seperti disampaikan Nur Aisyah Haifani, koordinator Panitia MJE # 2018, dalam kegiatan yang akan dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof Dr Muhadjir Effendi, MAP, bisa menarik warga Muhammadiyah untuk mengunjunginya.

“Terlebih yang ikut dalam pameran itu pimpinan cabang Muhammadiyah dan pimpinan ranting Muhammadiyah yang lolos seleksi,” tandas Nur Aisyah Haifani, yang menambahkan pameran MJE #1 itu diikuti 20 PCM dan 5 PRM.

Menurut Nur Aisyah Haifani, tiga dari 20 PCM itu akan diambil sebagai juara Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) unggul se-DIY.

Pameran kreativitas dan program unggulan 20 PCM dari 85 PCM se-DIY juga dimeriahkan lomba permainan tradisional: egrang, sundah mandah, dan gobag sodor. Hal itu demi syiarnya Milad ke-106 Muhammadiyah yang diperingati pada 18 Nopember 2018.

Nantinya, para pemenang akan diikutsertakan dalam pameran tingkat nasional di Gunungpring, Muntilan, Jawa Tengah, 18-21 Oktober 2018.

Kriteria seleksi bagi PCM dan PRM unggul ini, di antaranya adalah administrasi dan video profilnya. Hal itu untuk menginspirasi Muhammadiyah lainnya di dalam maupun luar negeri agar menghasilkan program-program yang kreatif.

Ajang dakwah sekaligus hiburan yang digelar PWM DIY ini, juga memamerkan potensi yang dimiliki Muhammadiyah DIY di bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

Selain pameran, dalam kegiatan itu juga akan dimeriahkan sepeda gembira dan maskot Muhammadiyah, yang nantinya bisa diikuti warga Muhammadiyah.

Ditargetkan, setiap harinya ada ribuan warga Muhammadiyah dari seluruh pelosok DIY yang mengunjungi pameran itu. Selain pameran PCM dan PRM unggulan, ada juga kegiatan membatik massal kader Muhammadiyah DIY: siswa sekolah Muhammadiyah dan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM).

Dalam kegiatan MJE #1 akan ada festival kuliner berbagai jenis dagangan kuliner diikuti 50 stand komunitas dagang. “Itu bernuansakan pasar raya,” tandas Nur Aisyah Haifani.

Tak kalah menariknya, sebanyak 5 ribu anak Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal se-DIY akan unjuk senam massal dan ikuti festival angklung.

Memeriahkan kegiatan itu, mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr Din Syamsudin, akan menyampaikan pengajian akbra. Akan dipaparkan pula pengembangan cabang dan ranting Muhammadiyah. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here