MediaMU.COM

MediaMU.COM

Portal Islam Dinamis Berkemajuan

Apr 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Muhammadiyah di Kaki Gunung Galunggung

TASIKMALAYA — Ekspedisi MuseumMu kali ini mencoba menguak kedatangan Muhammadiyah di Tasikmalaya: bisa kabupaten dan bisa kota.

Kita mencoba mengawalinya dari Kampung Rawa di kaki Gunung Galunggung. Daerah yang cukup jauh dari pusat keramaian ini, ternyata menyimpan cerita yang luar biasa tentang perjuangan Muhammadiyah.

Ibu Hajjah Entin, tokoh masyarakat, yang masih memiliki ingatan tentang Muhammadiyah di Kampung Rawa ini, menceritakan, di Kampung Rawa inilah Muhammadiyah mulai ada. “Di sini pernah dibangun sebuah panti asuhan yang diresmikan oleh Kyai Badawi,” terang Hajjah Entin.

Dikatakan Hajjah Entin, daerah itu sangat terkenal dengan ulama-ulama besar. “Dan ini pernah menjadi daerah yang sangat rawan dengan baku hantam senjata di masa DI/TII dan PKI,” papar Hj Entin.

Pada waktu itu, para ulama banyak dibantai dan diculik. Termasuk ayah Hajjah Entin, yang sampai sekarang tidak diketahui nasibnya.

Disampaikan Hajjah Entin, waktu itu banyak mayat yang tidak dikenal, tiba-tiba ditemukan di daerah ini pada tahun 1940-an.

Dan, masjid yang kami datangi itu, menjadi sejarah berkembangnya pemikiran tentang Muhammadiyah di sini.

Masih banyak puzzle di sini yang harus dirangkai. Namun, satu yang pasti, semangat menyantuni sangat hidup di daerah ini. Banyak ulama yang belajar dari Rawa dalam mengembangkan Muhammadiyah di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dan lokasi ini, sampai saat ini, masih menyimpan kisah tentang pendidikan, filantropi, dan patriotisme  para ulama dalam mempertahankan agama dan mengembangkan Muhammadiyah.

O ya, masih ada kisah heroik Kiyai Badawi yang naik delman dari Singaparna ke Rawa. Atau, Bu Baroroh Baried yang memberikan pengajian akbar di lokasi ini pada tahun 1960-an.

Kampung Rawa dan Hajjah Entin adalah bukti bahwa Muhammadiyah memang menyinari negeri ini di semua pelosoknya. (Widiyastuti)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here