Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Fakuktas Pertanian UMY Tanamkan Karakter Kewirausahaan Kepada Mahasiswa dan Dosen

YOGYAKARTA — Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengadakan agenda rutin Forum Group Disscusion (FGD) yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat kepada dosen-dosen untuk melahirkan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu juga untuk menumbuhkan karakter kewirausahaan kepada mahasiswa.

Dr. Ir. Nur Rahmawati, M.P. Selaku pembicara memaparkan hasil disertasinya yang berjudul Pengaruh Karakter Kewirausahaan Terhadap Perilaku Resiko Petani Padi Organik. “Pada disertasi ini saya melihat aspek karakter kewirausahaan para perani,” jelas Rahmawati dalam FGD yang digelar di ruang sidang gedung AR. Fachruddin A, Sabtu (6/10).

“Karakter kewirausahaan petani yang kuat akan lebih berani untuk mengambil resiko,” ungkap Rahmawati. Resiko yang dihadapi petani meliputi harga, produksi, dan penggunaan pupuk. Oleh karena itu menurut Rahmawati upaya pendampingan pada kelompok tani di bidang pemasaran mulai dari menjual beras sendiri dengan kemasan dan desain yang menarik, serta menyalurkan padi semi organik untuk memperbaiki resiko harga harus dilakukan.

Menanggapi acara diskusi ini dekan Fakultas Pertanian Dr. Indira Prabasari M.P. mengakatakan diskusi ini sejalan dengan yang diharapkan oleh lembaga Ristekdikti. “Acara ini mengharapkan agar bapak dan ibu dosen dapat melahirkan penelitian yang berdampak positif bagi masyarakat. Membawa solusi dan memberikan perubahan yang positif bagi masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu Indira juga mengatakan bahwa tema diskusi sesuai dengan salah satu poin yang ingin diraih oleh UMY yaitu sifat entrepreneurship atau kewirausahaan. “Banyak sekali dorongan dari fakultas dan UMY untuk membuat mahasiswa lebih terbuka pada masalah kewirausahaan,” jelasnya.

Dalam acara FGD yang dihadiri oleh Dinas Ketahanan Pangan DIY, dosen serta mahasiswa Fakuktas Pertanian ini Indira juga menyampaikan dengan tegas bahwa dosen dan mahasiswa harus berinovasi. “Inovasi harus kita hasilkan tidak hanya berhenti hingga penelitian. Hasil penelitian yang sudah kita lahirkan harus mampu kita kemas menjadi produk yang dapat dikomersilkan yang bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu jiwa kewirausahaan harus ditanamkan dalam diri kita,” tegas Indira. (Pras)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183
Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here