Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari: Sekolah Unggul dan Berkemajuan Belum Lama Dilantik, Kepala Sekolah Muda ini Sabet Medali Emas di Olympicad VII Nasional Raih Enam Medali di Olympicad, SMA Mujahidin Wonosari Lampaui Prestasi Sebelumnya Jalin Kerja Sama dengan Daihatsu, SMK Musaba Resmikan Dojo Center Berkat Program SMART, Kepala SMP Muhammadiyah 2 Depok Raih Medali Emas OlympicAD 7 Ikut OlympicAD 7, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Sajikan Film Perjuangan Jurnalis

Mu’allimaat Yogyakarta Gelar Career Day 2018

YOGYAKARTA — Madrasah Mu’allimaat Muhamadiyah Yogyakarta menyelenggarakan “Career Day” di halaman madrasah, Kamis (18/10/2018), dibuka Dr. H. Agung Danarto, M.Ag selaku Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarya, didampingi Dra. Hj. Noor Imanah, M.Si (Kasi Kurikulum dan Evaluasi Kantor Wilayah Kementrian Agama DIY), Pengawas MTs dan MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan Agustyani Ernawati, SPd (Direktur Mu’allimaat Yogyakarta).

“Tidak semua orang bisa menjadi orang nomor satu dan di mana pun seseorang itu berada, maka harus bisa memberi manfaat bagi orang lain,” kata Agung Danarto usai membuka career day Mu’allimaat Yogyakarta.

Menurut Agung Danarto, potensi diri sangatlah penting agar bisa menjadi orang sukses. Dan, Agung pun mengapresiasi career day dengan tema kenali potensimu, lejitkan bakatmu dan raih impianmu.

Bagi Agung, tema itu sangat bagus. “Dan saya berharap bisa mendorong siswi Mu’allimaat untuk maju dan sukses,” papar Agung Danarto.

Di depan siswi Mu’allimaat, Agung berperan agar generasi muda jangan hanya bekerja di dalam negeri. “Tapi, karir terbuka di seluruh pelosok dunia,” tandas Agung yang menambahkan adanya career day bisa membuka wawasan siswi Mu’allimaat untuk menggeluti passion dan bisa mewujudkan impiannya.

Tidak semua orang bisa berada di puncak. Tapi berada di mana saja asal bisa memberi manfaat bagi orang lain. “Sekali lagi, mengenali porensi diri itu sangat penting agar bisa sukses,” tandas Agung Danarto.

Dikatakan Agung, kita pasti menghadapi rintangan untuk menggapai kesuksesan itu. “Coba lagi untuk meraih kesuksesan bila kita mengalami kegagalan,” kata Agung yang berharap kepada siswi Mu’allimaat tidak berkecil hati bila alami kegagalan.

Dijelaskan Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Agustyani Ernawati, S.Pd, career day ini merupakan agenda tahunan Mu’allimaat Yogyakarta. “Bertujuan untuk mengenal, memahami, mengekspresikan ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam lingkungan kehidupan yang sesuai dengan kemampuan dan minat para siswi,” kata Agustyani Ernawati.

Dijelaskan Agustyani Ernawati, Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta saat ini memasuki abad ke dua.

“Sebagai pusat keunggulan perempuan berkemajuan mempunyai peran yang sangat strategis untuk menyiapkan kader penerus, pelopor dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah,” kata Agustyani Ernawati.

Oleh karena itu, Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta senantiasa meneguhkan diri sebagai institusi pendidikan Muhammadiyah tingkat menengah yang unggul dan mampu menghasilkan kader ulama, pemimpin dan pendidik sebagai pembawa misi gerakan Muhammadiyah.

Dalam konteks pendidikan kader, lulusan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah diharapkan memiliki lima kompetensi utama, yaitu kompetensi dasar keilmuan, kompetensi dasar kepribadian, kompetensi dasar kecakapan, kompetensi sosial kemanusian dan kompetensi gerakan yang mampu berkompetisi. “Baik ranah internasional maupun nasional,” tandas Agustyani Ernawati.

Untuk  mewujudkan kompetensi dan membekali siswi, maka dilakukan kegiatan career day, di antaranya meliputi stan pameran PTN/PTS dalam dan luar negeri, seminar perguruan tinggi dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Pembangunan Nasional diikuti siswi kelas XII.

Sedangkan Kelas XI dan X melakukan kegiatan science show, market day, daur ulang dan teknologi tepat guna.

 

Untuk kelas IX diadakan kegiatan diskusi karir, kelas VIII ekstrakurikuler show dan kelas VII kreatifitas pohon karir.

Selama ini, Bimbingan Konseling (BK) Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Adapun Perguruan Tinggi dalam negeri yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini antara lain: BATAN, UMY, STIMIK Amikom, UNY, UIN Suka, STIKES Global Surya, UAD, UII, Politeknik Kesehatan Negeri, UM Purwokerto, UPN, UNISA, Telkom University, PUTM Putri. Sedangkan untuk perguruan tinggi luar negeri adalah Unity Kolej dari Malaysia.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here