Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Tim Kuda Sarpin UAD Juara I Tingkat Nasional I3E

YOGYAKARTA — Kementerian Riset dan Dikti menggelar Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) pada tanggal 25-28 Oktober 2018. Gelaran Pameran Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) 2018 berlangsung di Jogja City Mall Yogyakarta.

Event ini merupakan salah satu tempat para inovator memperlihatkan kepada masyarakat tentang produk startup yang berbasis inovasi. Gelaran tersebut diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi guna memamerkan inovasi generasi milenial Indonesia.

Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) telah dilaksanakan selama 3 tahun terakhir merupakan sarana bagi perusahaan rintisan berbasis teknologi untuk mulai berhadapan dengan pasar, investor, dan pemangku kepentingan lagi yang lebih luas.

Dengan partisipasi dalam I3E diharapkan para peserta program inkubasi berbasis teknologi makin siap dan mampu untuk tumbuh-berkembang dan memenangkan persaingan serta menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru. Pameran I3E melibatkan inovator-inovator industri mikro, kecil dan menengah, binaan Balai Penelitian Teknologi Bahan LIPI, Taman PIntar Yogyakarta, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan komunitas-komunitas startup di DIY.

Universitas Ahmad Dahlan melalui Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri  menjadi salah satu peserta pada gelaran tersebut.

Salah satu produk yang ditampilkan dari kalangan akademisi dalam menciptakan produk inovasi teknologi ini adalah KUDA SARPIN (Kursi Beroda Dengan Sarung Tangan Pintar). Kuda Sarpin dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penyandang dissabilitas memperoleh fasilitas umum.

Seperti kurangnya akses layanan transportasi, bangunan, pendidikan, dan pekerjaan merupakan beberapa contoh yang menjadi penghambat dalam kehidupan sehari-hari.

Alhamdulillah, Tim Kuda Sarpin Teknik Elektro, Kursi Beroda dengan Sarung Tangan Pintar mendapat Juara 1 tingkat Nasional. Dalam Event Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) untuk kategori Kompetisi Inovasi.

Tim Kuda Sarpin yang terdiri dari Ahmad Yogaswara, Iqbal Cahya Kurniawan, Muhammad Annas (Teknik Elektro), Ferosa Ardina Wardani (Fakultas Kesehatan Masyarakat) dengan dosen pembimbing Anton Yudahana, S.T., M.T., Ph.D. Insha Allah siap mempromosikan produk-produk inovasi teknologi hasil karya anak bangsa kepada masyarakat luas, sehingga hasil inovasi dari para inovator benar-benar terasa manfaatnya bagi masyarakat. /(ns)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here