Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Mahasiswa KPI UMY Ukir Prestasi Di Malaysia

YOGYAKARTA — Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Irsalina Fathimah sukses meraih predikat sebagai Best Delegation Award of 2018 pada kompetisi AISS (ASEAN Islamic Student Summit). Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Jama’ah Salahudin (Unit Kegiatan Islam dari Universitas Gadjah Mada) yang juga bekerja sama dengan IIUM (International Islamic University of Malaysia).

Acara yang dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 14 hingga 17 November di Kuala Lumpur ini, merupakan sebuah forum regional yang menjadi wadah bagi mahasiswa serta pemuda dari Asia untuk bertukar ide, budaya, dan inovasi melalui paper yang mereka tulis. Tema yang diangkat pada kompetisi ini adalah ‘Mengoptimalkan Gerakan Mahasiswa Islam Asia Tenggara untuk Menghadapi Tantangan ASEAN’.

Peserta pada kompetisi AISS 2018  sebagian besar berasal dari Indonesia, hanya satu orang yang berasal dari Bangladesh dengan total keseluruhan 39 orang peserta yang kemudian dibagi ke dalam enam kelompok. Mahasiswa KKI UMY Irsalina tergabung dalam kelompok 2 yang beranggotakan enam orang yakni Ani Kristiyani (UGM), Nabilla Eka Salma (ESQ BS), Rafiq Moya Barodi (UMY), Ramacil Afsan Notoprawiro (Tebet Primary Healthcare), serta Wiwit Subagio (UGM). Mereka berhasil meraih peringkat kedua terbaik dalam penilaian paper, dengan judul ‘Transnational Organized Crime Threatens Stability in The Southeast Asia Region’.

Berbicara mengenai Best Delegation Award of 2018, Irsalina mengatakan bahwa keberhasilannya meraih predikat itu dikarenakan ia lancar berbahasa Inggris dalam memaparkan ide paper dari kelompoknya di depan para juri yang berjumlah empat orang. “Alhamdulilah saya menerima penghargaan sebagai Best Delegation Award of 2018 di acara AISS. Penghargaan ini saya dapatkan karena saya cukup aktif dalam berpartisipasi di sesi tanya jawab mengenai paper yang kami angkat. Selama acara saya aktif bertanya dan menjawab pertanyaan menggunakan bahasa Inggris dengan kesadaran bahwa ini adalah acara Internasional,” jelasnya saat dihubungi pada Kamis (22/11).

Sementara itu, menurut penuturan Irsalina judul paper dari kelompoknya diambil berdasarkan situasi perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat. “Era digital menyebabkan fenomena baru yang disebut sebagai desa global, di mana orang dapat berhubungan satu sama lain tanpa batas geografis, ekonomi, ideologi, politik, sosial, budaya dan hukum. Seiring dengan perkembangan tersebut, kejahatan selalu berevolusi sesuai peradaban salah satunya kejahatan transnasional yang terorganisir. Hal itu kemudian yang mengancam keamanan dan kemakmuran global, termasuk di negara-negara Asia pada khususnya,” katanya.

Irsalina merasa bangga dengan diraihnya penghargaan Best Delegation Award 2018, karena ini menjadi kali pertamanya mendapat penghargaan di ajang internasional. Kedepannya ia akan mengikuti International Conference, demi mengembangkan kemampuannya berinteraksi dengan orang banyak yang berbeda asal. “Saya sangat senang dan bangga atas penghargaan yang saya dapat ini. Karena ini merupakan penghargaan pertama yang saya dapat, apalagi ini dalam lingkup Asia bukan nasional saja. InsyaAllah saya akan mengikuti International Conference untuk memperluas jaringan dan berinteraksi dengan orang yang memiliki latar belakang berbeda dengan kita,” tutupnya. (Habibi)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183
Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here