News

News

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa

Muhammadiyah Harus Dapat Berkontribusi dalam Segala Hal

YOGYAKARTA — Sebanyak 6 ribu orang lebih mengikuti apel akbar Milad Muhammadiyah ke-106 di Kagungan Dalem Alun-alun Selatan, Kraton, Yogyakarta, Selasa (20/11/2018) pagi, yang diadakan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta.

Pada apel kali ini diikuti oleh peleton inti sekolah, ortom, Kokam, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM), guru, karyawan dan pelajar Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta. Di antara tamu undangan yang hadir tampak Wakil Walikota Yogyakarta, Drs Heroe Poerwadi, MA.

Tujuan apel Milad Muhammadiyah ke-106 ini adalah bentuk syiar. “Dan menunjukkan secara serius kepada negeri dengan cara memberikan bantuan kepada saudara kita yang terkena musibah berapa bulan lalu,” kata Dr Dahnil Azhar Simanjuntak, Ketua Umum  Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Pada kesempatan itu, Dahnil juga menegaskan kalau tema milad Muhammadiyah tahun ini adalah ta’awun untuk negeri. “Muhammadiyah harus dapat berkontribusi dalam segala hal untuk kepentingan masyarakat,” tandas Dahnil.

Apel yang berlangsung selama satu jam ini diakhiri dengan penyerahan secara simbolis dana bantuan bagi masyarakat yang terdampak bencana di Lombok (NTB), Palu dan Donggala (Sulawesi Tengah).

Dana yang berasal dari seluruh warga Muhammadiyah dan warga Yogyakarta itu terkumpul tidak kurang dari Rp 1,7 milyar, yang akan disalurkan langsung kepada masyarakat korban bencana melalui Lazismu PWM DIY.

“Dan diharapkan dengan dana itu dapat membantu meringankan beban penderitaan para korban bencana,” terang A Latief Baedhowi, S.Ag, ketua panitia, yang berharap dengan sikap ta’awun, rasa tolong-menolong dan gotong-royong kepada sesama harus tetap dijaga. Dan inilah juga sebagai bentuk konkrit pengabdian Muhammadiyah kepada negara, ta’awun untuk negeri.

“Dan Muhammadiyah akan tetap fokus pada dakwah amar makruf nahi munkar, menggembirakan dan memajukan dakwah Islam di Indonesia,” kata Latief Baedhowi.

Hal itu juga diiyakan Dahnil. “Karena itu yang paling penting bagi bangsa kita sekarang,” ujar Dahnil.

Dengan Milad Muhammadiyah ke-106 ini, PDM Kota Yogyakarta berharap agar tetap bisa terus berkontribusi, baik secara materil, inmateril maupun dalam bidang pendidikan bagi negeri.

Selain itu, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta akan melangsungkan sejumlah rangkaian acara pada Milad Muhammadiyah yang ke-106 ini.

Selain melaksanakan apel akbar Milad Muhammadiyah ke-106, yang diteruskan dengan kirab dengan rute dari Alun-alun Selatan- Plengkung Gading-Pojok Beteng Wetan-Mantrigawen Lor-Gamelan hingga finish di Alun-alun Selatan, menurut Drs H Akhid Widi Rahmanto, Ketua PDM Muhammadiyah Kota Yogyakarta, diadakan pula jalan sehat dan donor darah pada 25 November 2018 dengan start dan finish di Balaikota Timoho Yogyakarta.

Bagi Akhid Widi Rahmanto, ta’awun untuk negeri dimaksudkan sebagai bentuk pengabdian Muhammadiyah untuk bangsa dan NKRI. “Selain itu, Muhammadiyah ingin turut hadir membantu masyarakat yang terkena musibah,” kata Akhid Widi Rahmanto.

Sebagai perwujudan dari tema milad kali ini, PDM Kota Yogyakarta — melalui Muhammadiyah Disaster Mangement Centre (MDMC) — menyerahkan sejumlah bantuan untuk masyarakat terdampak bencana. (Affan)

 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here