Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Laboratorium TEYL PBI UAD sebagai Pusat Kegiatan Belajar dan Praktikum

YOGYAKARTA — Pendidikan Bahasa Inggris sebagai salah satu prodi unggulan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta memiliki banyak laboratorium sebagai fasilitas pembelajaran para mahasiswayakni Language Laboratory, Lab of TEYL, Lab of Journalism, Lab of Translation, Lab of Tourism, Self-Access Centre, dan Conference Room. Saat ini yang terus dikembangkan adalah Lab TEYL, dirintis 2018 dan mulai digunakan 2020.

Laboratorium ini berfungsi sebagai pusat kegiatan belajar dan praktikum TEYL (Teaching English for Young Learners) bagi mahasiswa PBI UAD. Pengelola Lab. TEYL, Soviyah, S.Pd., M.Hum., menjelaskan bahwa laboratorium tersebut berisi koleksi buku cerita Bahasa Inggris untuk anak, beragam alat peraga belajar Bahasa Inggris untuk anak, Aneka Board Games, Komputer sets, Learning Spot, Meeting Spot lengkap dengan  LCD dan Screen untuk diskusi bagi mahasiswa dan dosen pendamping. 

“Lab ini digunakan untuk dosen dan mahasiswa PBI UAD terutama saat mengambil mata kuliah Methods in TEYL, TEYL Program Development, dan TEYL Practicum,” kata Soviyah kepada mediamu.com.

Selain itu, lanjutnya, anak-anak usia sekolah dasar sebagai peserta kegiatan Prakticum TEYL pada waktu-waktu tertentu menyesuaikan masa liburan sekolah dalam program English for Holiday, dapat mengakses fasilitas yang ada. Adapula anak-anak usia SD yang secara insidental mengikuti Story Telling Session, Happy Book Reading and Fun Board Games.

“Tetapi di masa pandemi ini, jadwal kunjungan insidental belum diberlakukan,” tambahnya.

Mahasiswa PBI UAD sangat antusias memanfaatkan Lab TEYL sebagai fasilitas belajar, salah satunya adalah Hana Nurdiah Listyaningrum. “Ruangan lab TEYL sangat nyaman, ditambah sekarang ada perubahan interior yang indah sehingga nyaman. Semoga selain memberi keindahan juga memberi pengetahuan, wawasan, dan ide-ide baru,” harapnya.

Mahasiswa lain, Aysahril Surya, juga merespon positif fasilitas tersebut. Lab TEYL sangat menunjang kegiatan belajar dan mengajar baik untuk mahasiswa maupun dosen. Lab juga dilengkapi Game Board yang sangat menarik untuk siswa-siswi SD untuk dipelajari. Hal ini, lanjutnya, memudahkan mahasiswa untuk langsung praktik dalam mengajar dan mengembangkan diri di bidang pendidikan Bahasa Inggris.

Kaprodi PBI S1 UAD, Dr. Ani Susanti, M.Pd. BI., berharap mahasiswa mendapatkan gambaran dan pengalaman yang lebih konkrit untuk mendesain dan melaksanakan program pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak utamanya di usia SD.

“Kreativitas dan bakat mahasiswa dalam bidang TEYL dapat terfasilitasi dan berkembang dengan baik. Masyarakat umum usia SD dapat belajar Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Dan akhirnya PBI UAD menjadi menjadi Center of Learning and Innovation bagi guru Bahasa Inggris di SD dan siapapun pegiat TEYL,” kata Ani Susanti. (*)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here