Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

UAD Tuan Rumah Cabor Catur POMDA DIY Tahun 2018

YOGYAKARTA — Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2018 dengan tema “junjung sportifitas, berprestasi untuk negeri” dibuka oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY, Prof Dr Djoko Pekik Irianto, M.Kes, AIFO, di GOR Ki Bagoes Hadikusumo Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Selasa (27/11/2018).

Kegiatan ini dihelat oleh salah satu badan fungsional KONI DIY: Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (BAPOMI) DIY. Dan, menjadi salah satu bentuk persiapan menuju Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) tahun 2019, selain juga event-event kejuaraan olahraga di tingkat nasional maupun internasional lainnya.

Adapun untuk cabang olahraga (cabor) catur diadakan di Kampus 4 UAD, Jl Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Bantul, pada Senin (3/12/2018), yang diikuti 43 orang: 30 putra san 13 putri dari 16 Perguruan Tinggi di Yogyakarta: UGM, UNY, UIN Sunan Kalijaga, UII, UAD, UTY, IST Akprind, STTNAS, UKRIM, STIEKES Bethesda Yakkum, AKAKOM, Akper Notokusumo, Politeknik LPP, UMBY, STIE YKPN dan AA YKPN.

Ketika membuka lomba cabang olahraga catur, Wakil Rektor III Universitas Ahmad Dahlan (UAD)  Yogyakarta, Dr Abdul Fadlil, MT, mengatakan, kompetisi olahraga mahasiswa daerah menjadi indikator dalam proses pembinaan olahraga prestasi di kalangan mahasiswa.

“Tentu, pembinaan prestasi olahraga itu tidak hanya dipersiapkan untuk level nasional, namun juga diharapkan dapat terus berjenjang hingga tingkat ASEAN,” papar Abdul Fadlil, yang menambahkan lomba ini bagian dari olah rasa dan olah pikir.

Namun demikian, dikatakan Abdul Fadlil, prestasi olahraga hendaknya juga seimbang dengan prestasi akademik. “Sehingga komitmen dari KONI DIY dan BAPOMI DIY sebagai pembina olahraga, tidak hanya dapat melahirkan atlet handal, namun juga memiliki prestasi di bidang akademik,” harap Abdul Fadlil.

Ketua Panitia, Dr Dedi Pramono, M.Hum, mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada KONI DIY dan UAD yang telah bersedia memfasilitasi acara dan tempat pertandingan cabor catur.

“Diharapkan kegiatan itu dapat berjalan lancar dan sukses untuk pembinaan prestasi olahraga mahasiswa di DIY,” kata Dedi, yang menambahkan kali ini pengalaman pertama UAD Yogyakarta menyelenggarakan lomba catur dan ke depan semoga jauh lebih baik dari peserta dan kualitasnya.

Menyelenggarakan suatu event itu, bagi Dedi, sangat penting untuk mewujudkan amanah KONI DIY dalam membina bidang olahraga di kalangan mahasiswa.

 

“Sehingga kegiatan semacam ini ke depan akan didesain dan dirancang lebih baik lagi,” tambah Danang Sukantar, SPd, MPd, Kabid Pengelolaan dan Pengembangan Kemahasiswaan Bimawa UAD, yang menambahkan untuk bangun kompetensi dan bangun jiwa yang baik dibutuhkan raga yang baik dan sehat.

Lomba cabang olahraga catur POMDA DIY diawali dengan pemindahan bidak catur oleh Wakil Rektor III Dr Abdul Fadlil, MT, disaksikan ketua penyelenggara Dr Dedi Pramono, M.Hum, Danang Sukantar, S.Pd, M.Pd dan wasit catur Jumariyanto, ST, cFA, PNP, di depan peserta lomba Bintang Lazuardi Benteng Buana Muslim (UII) dan M Kahfi  Maulana (UGM).

POMDA DIY tahun 2018 diikuti 1.657 atlet dari 26 perguruan tinggi anggota BAPOMI DIY yang diadakan pada 26 November 2018 hingga 5 Desember 2018 dengan mempertandingkan 12 cabang olahraga (cabor): atletik, bola basket, bola voli indoor, bulutangkis, catur, karate, kempo, panjat dinding, pencak silat, renang, tarung derajat dan tenis lapangan.

Pada kesempatan itu, Julisa Pasaribu (UGM) meraih peringkat pertama puteri, disusul Astiti Fatikhah (UII) dan Fairuz Rizqiya S (UNY). Sedangkan M Kahfi Maulana (UGM) sebagai peringkat pertama putra, disusul Javad Jadavari (UGM) dan Albertus Raditya (UNY). Sebagai wasit dalam cabor catur itu adalah Garry Fianchetto, Ayu Lestari, Karlina Kusumastuti dan Agung Dewanto dengan pimpinan turnamen Aprida Agung Priambadha, M.Or. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here